Sukses

5 Cara Sederhana Kurangi Strecth Mark

Ingin tahu apa saja cara sederhana untuk mengurangi strecth mark? Simak tips-nya di sini.

Liputan6.com, Jakarta Strecth mark tentu bukan teman baik bagi Anda yang senang berpakaian sedikit atau bahkan terbuka. Sayangnya, sekitar 80 persen wanita di seluruh dunia diperkirakan memiliki strecth mark.

Dilansir dari laman mydomaine, Selasa (31/10/2017), strecth mark cenderung muncul karena Anda kehilangan atau sedang menambah berat badan selama kehamilan. Berikut ini adalah beberapa cara sederhana yang patut dicoba untuk menghilangkan strecth mark.

1. Pelembap, pelembap, pelembap

Apapun jenis kulit yang dimiliki, Anda harus merawat dan menjaganya dengan baik. Salah satu cara penting dan tidak boleh dilewatkan adalah melembapkan kulit secara teratur.

Melembapkan kulit bisa dilakukan dengan minyak atau lotion, untuk mengurangi peradangan dan kemerahan. Iritasi seringkali menjadi penanda munculnya strecth mark.

2. Mencoba krim retinoid

Salah satu topikal yang memiliki khasiat menghilangkan strecth mark adalah retinoid. Krim retinoid seringkali Anda aplikasikan di wajah untuk menghilangkan keriput, namun stretch mark juga bisa disembuhkan dengan krim yang sama.

3. Gunakan scrub gula buatan sendiri

Pengobatan alami juga bisa membantu Anda menghilangkan strecth mark. Gunakan satu cangkir gula yang dicampurkan dengan seperempat cangkir minyak almond atau minyak kelapa, diamkan selama 8 sampai 10 menit setelah diaplikasikan, dan gunakan selama beberapa kali dalam seminggu.

Saksikan juga video menarik berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara menghilangkan strecth mark

4. Aplikasikan perasan buah lemon

Lemon mengandung vitamin C yang tinggi, sehingga dapat membantu meningkatkan jumlah kolagen di kulit. Asam buah lemon juga bisa membantu melawan kemerahan di kulit.

Mulailah dengan mengelupas buah lemon, memerasnya, dan langsung aplikasikan ke kulit dengan menggosok dalam gerakan melingkar, diamkan selama 15 sampai 20 menit, sebelum membersihkannya dengan air dingin.

5. Dapatkan perawatan laser

Perawatan laser adalah pilihan terakhir yang wajib Anda coba. Namun, hasil dari perawatan laser kemungkinan besar tidak akan berlangsung lama untuk menghilangkan strecth mark Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.