Sukses

Ingin Lebih Bahagia? Konsumsi Makanan Berikut Ini

Tahukah Anda makanan dapat membuat seseorang merasa bahagia?

Liputan6.com, Jakarta "Anda adalah apa yang Anda makan" mungkin sudah menjadi kalimat yang tidak asing lagi. Namun, kenyataannya adalah apa yang Anda makan akan memengaruhi suasana hati dan membuat seseorang merasa bahagia.

Ada alasan mengapa Anda justru malah merasa sedikit murung setelah makan sebatang cokelat. Terlepas dari rasa bersalah karena telah melahap makanan berkalori tinggi, terlalu banyak gula dapat menekan suasana hati Anda sehingga efek rileks dan bahagia yang dihasilkan hanya berlangsung di awal saja.

Untungnya, selalu ada cara untuk memperbaiki suasana hati Anda melalui makanan. Kuncinya adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat meningkatkan hormon endorfin dan membuat Anda merasa seperti habis melakukan olahraga kardio. Dilansir dari telegraph.co.uk, Minggu (29/10/2017), berikut adalah 5 makanan yang bisa Anda konsumsi agar tetap bahagia sepanjang hari.

1. Cabai

Saat memakan cabai, ada sensasi terbakar yang dirasakan pada syaraf Anda. Pada saat itu tubuh melepaskan opioid, atau endorfin alami, yang dapat membuat suasana hati Anda membaik. Terlebih lagi, cabai juga membunuh patogen. Jadi selain dapat meningkatkan suasana hati Anda, cabai juga dapat mencegah influenza hinggap di tubuh Anda.

2. Alpukat

Alpukat mengandung kolin, yang kemudian dapat meningkatkan kadar serotonin di dalam tubuh. Alpukat juga mengandung banyak vitamin E, sehingga dapat membuat kulit Anda menjadi lebih halus.

3. Cokelat

Cokelat di sini bukan berarti cokelat batangan yang lebih banyak mengandung gula, melainkan cokelat murni. Cokelat murni mengandung theobromine yang berperan sebagai stimulan yang sehat. Mengonsumsi cokelat murni dapat membuat tubuh Anda mendapatkan asupan endorfin sekaligus antioksidan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Sayuran hijau

Sayuran hijau pada umumnya memiliki satu kesamaan, yaitu dapat meningkatkan kadar endorfin di dalam tubuh. Vitamin B6 yang banyak terkandung pada sayuran hijau dapat membantu mengurangi hormon kortisol yang diproduksi pada saat Anda cemas atau stres.

5. Kacang Brazil

Kacang Brazil adalah salah satu makanan yang dapat meningkatkan kebahagiaan Anda karena tingginya kadar selenium yang dikandungnya. Selenium akan meningkatkan hormon serotonin di dalam tubuh, yang dapat memperbaiki suasana hati Anda. Namun, seperti layaknya alpukat, kacang Brazil memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, sehingga sebaiknya dikonsumsi secukupnya saja.

Donna Ayu Savanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.