Sukses

10 Tanda Bahaya dalam Hubungan Cinta yang Perlu Anda Perhatikan

Kenali 10 tanda-tanda bahaya dalam hubungan cinta yang wajib Anda perhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Hubungan cinta yang dijalani kadang kala tidak sesuai dengan apa yang Anda bayangkan di awal. Mungkin Anda terjebak di dalam sebuah hubungan dengan pasangan yang mendominasi dan membatasi, atau malah pasangan yang tidak memberikan cukup perhatian.

Seringkali Anda seakan mengulang pola hubungan cinta yang sama, meski telah berganti pasangan. Hal ini mungkin dikarenakan Anda sendiri terus mengulangi cara yang sama dalam menarik lawan jenis. Untuk terhindar dari kesalahan pola hubungan yang sama, Anda pun harus mulai untuk memperhatikan tanda bahaya sejak awal menjalin hubungan dengan pasangan baru. Dilansir dari huffingtonpost.com, Sabtu (28/10/2017), berikut 10 tanda bahaya dalam hubungan cinta yang perlu Anda perhatikan.

1. Pasangan menunjukkan dominasi dan kontrol yang kuat terhadap Anda.

Seringkali orang seperti ini dilengkapi pula dengan watak yang keras, sering terlihat merengut, sering menarik diri, dan memiliki caranya sendiri dalam melakukan sesuatu.

2. Pasangan Anda menunjukkan tanda-tanda narsis

Orang dengan sifat narsis mampu menyembunyikan ketertarikan pribadinya dengan sangat baik, sehingga agak sulit untuk dideteksi. Awalnya pasangan akan berusaha menjadi apa yang Anda inginkan dan butuhkan. Namun, ini semua hanyalah strategi untuk membalikkan semua menjadi seperti apa yang diinginkannya. Pasangan yang narsis akan berusaha memanipulasi hubungan untuk dapat mencapai tujuannya, dan akan menghukum jika Anda tidak memenuhi tuntutannya.

3. Pasangan terlalu fokus dengan dirinya sendiri sehingga tidak memberikan ruang untuk Anda.

Ini adalah tanda yang paling mudah dikenali bahkan sejak awal hubungan. Ciri pasangan ini adalah dia tidak berusaha membawa pembicaraan menjadi dua arah, dia bahkan tidak berusaha bertanya mengenai ketertarikan dan hal-hal yang telah Anda alami. Pasangan ini tidak peduli terhadap perasaan Anda.

4. Kepribadian yang tidak jelas

Pasangan merupakan orang yang sukar ditebak, akibat apa yang sudah pernah dialaminya. Amat sulit menjalin hubungan yang sehat dengan orang yang seperti ini tanpa bantuan terapi dengan psikolog. Jika Anda merupakan orang yang senang menolong, Anda cenderung menarik orang dengan kondisi mental yang membutuhkan pertolongan. Meski terkesan indah, pola hubungan seperti ini akan membawa ke masalah-masalah yang lebih serius di kemudian hari.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

10 tanda-tanda bahaya dalam hubungan cinta yang wajib Anda perhatikan.

5. Pasangan merupakan orang dengan empati rendah

Empati memang dapat dipupuk dan diajarkan. Namun, jika pada orang dewasa minim adanya empati, maka dibutuhkan terapi dan rehabilitasi.

6. Anda dan pasangan terpaut jarak umur yang cukup jauh

Secara umum, pasangan dengan jarak umur yang terpaut jauh, seperti berbeda 20 sampai 30 tahun, rawan menjumpai masalah karena Anda berdua berada di dalam generasi yang berbeda. Selain sekedar masalah fisik, pola pikir, dan referensi berpikir, masalah yang dihadapi berada pada lini masa yang berbeda dengan pasangan. Kebutuhan dan keinginan akan aktivitas sosial Anda berdua pun berbeda, sehingga akan sulit disesuaikan satu sama lain.

7. Pasangan Anda menyimpan dendam dari hubungan sebelumnya

Masalah yang belum tuntas dari hubungan sebelumnya hanya seperti bom waktu yang mungkin akan membawa kehancuran pada hubungan Anda dengannya di kemudian hari. Jika pasangan menunjukkan tanda-tanda ini sejak awal, Anda sebaiknya waspada.

8. Perhatikan apakah pasangan merupakan orang yang terbuka terhadap pengalaman baru, mau belajar dan berkembang

Perhatikan pula apakah pasangan Anda memiliki ketergantungan akan sesuatu, seperti obat atau alkohol. Perhatikan apakah pasangan Anda sudah mengatakan segalanya dengan jujur, atau masih ada kebohongan kecil yang dia lakukan, atau bahkan kebohongan besar yang berujung pada pengkhianatan. Anda perlu lebih sensitif terhadap kejujuran pasangan.

9. Perhatikan dengan siapa pasangan Anda bergaul

Anda perlu mengenal keluarga dan lingkungan sosial terdekat dari pasangan.

10. Anda dan pasangan tidak berbagi kesenangan yang sama

Dengan memiliki banyak kesamaan dan hal-hal yang disukai, akan banyak aktivitas menyenangkan yang dapat Anda lakukan bersama pasangan. Namun, jika Anda dan pasangan memiliki terlalu banyak perbedaan dan tidak dapat menikmati hal yang sama, ini adalah tanda bahaya yang tidak bisa Anda abaikan begitu saja.

Donna Ayu Savanti

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini