Sukses

6 Metode Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris agar Lancar Berbicara

Liputan6.com, Jakarta Masih bingung bagaimana cara cepat belajar bahasa inggris? Ada banyak metode atau cara yang bisa dipakai, salah satunya metode belajar berbicara dalam Bahasa inggris. Metode cara cepat belajar bahasa inggris ini bisa Anda ikuti tanpa lawan bicara dan tentu bisa di praktekkan kapanpun dan dimanapun.

Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris

1. Berfikir dalam Bahasa Inggris

Sebelum berbicara, otakmu pasti memikirkan apa yang hendak di bicarakan. Hal inilah yang juga perlu Anda latih saat berbicara Bahasa inggris. Coba fikirkan semua keadaan dalam Bahasa inggris. Hal ini sebenarnya akan mengasah otakmu untuk mengingat sekaligus mencocokkan kosa kata yang Anda pilih. Lambat laun, Anda pun terbiasa untuk berbicara dalam Bahasa inggris.

2. Bicara Pada Diri Sendiri

Dengan berbicara pada diri sendiri, maka Anda bisa belajar Bahasa inggris kapanpun dan dimanapun. Jika Anda sudah memikirkan kata tersebut dalam Bahasa inggris, cobalah untuk mengutarakannya dengan lantang. Walaupun tak ada orang yang mengkoreksi bahasamu, tak masalah, cobalah tetap berbicara dengan lantang yang justru akan membuatmu percaya diri, berani dan nyaman menggunakan Bahasa inggris.

1 dari 3 halaman

3. Gunakan Cermin

Luangkan waktumu beberapa menit untuk berdiri didepan cermin dan berbicaralah dalam Bahasa inggris. Pilih topik, lalu set waktu 2-3 menit dan berbicaralah. Poin dari cara cepat belajar bahasa inggris ini adalah untuk melihat mulutmu, wajah (ekspresi) dan gesture tubuh saat berbicara. Latihan ini akan membuatmu seakan berbicara dengan seseorang. Selama 2-3 menit, sebaiknya jangan berhenti. Jika Anda stuck dengan kata yang tak Anda ketahui, berusahalah mengatakannya dalam cara lain. Hal ini justru akan membuatmu memilih kata-kata lain.

4. Fokus pada Lancar Berbahasa, bukan Grammar

Saat Anda berbicara dalam inggris, maka cek seberapa sering Anda berhenti. Semakin sering Anda berhenti, maka semakin terdengar tak percaya diri dan tak enak di dengar. Di depan cermin, maka tantang dirimu sendiri untuk tidak berhenti berbicara selama 2-3 menit tersebut. Hal ini mungkin membuat Bahasa inggrismu tak terstruktur dengan baik, tapi tak masalah. Jika Anda berfokus pada bicara Bahasa inggris yang lancar, maka mungkin Anda masih memahami maksudnya. Lambat laun, Anda akan memahami grammar setelah lancar berbicara.

2 dari 3 halaman

5. Coba Kata-Kata Sulit (Tongue Twisters)

Latihan lain yang bisa Anda coba adalah menyebutkan kata-kata sulit yang mirip pengucapannya, seperti “The thirty-three thieves thought that they thrilled the throne throughout Thursday”. Cobalah mengucapkan kata-kata ini, tak mudah bukan? Latihan semacam ini akan membantumu mencari penyebutan yang tepat dengan posisi mulut dan lidah yang benar. Selain itu membantu pronounciation yang benar.

6. Dengar & Ulangi

Cara cepat belajar Bahasa inggris untuk lancar berbicara adalah rajin mendengar dan mengulang. Anda harus sering menonton acara luar negeri di TV ataupun youtube. Lalu, coba ulangi satu atau dua kalimat dialog tersebut. Cobalah cocokkan nada, kecepatan dan akses pengucapan Bahasa inggris tersebut.

Nah, tips diatas semoga bisa membantumu semakin lancar berbicara Bahasa inggris ya. Yuk langsung praktekkin cara cepat belajar Bahasa inggris diatas.

Jika ingin lebih lancar, Anda bisa ambil kursus Bahasa Inggris di The Bristish Institute (TBI). Di Lakupon, Anda bisa gunakan vouchernya untuk mengambil paket speaking hanya Rp 400 ribuan selama 10x pertemuan dan mendapatkan sertifikat. Cek lebih lengkap promo The British Institute DISINI.

 

Artikel Selanjutnya
Tips Menaikkan Produktivitas Para Miliarder yang Bisa Anda Tiru
Artikel Selanjutnya
Sedang Menganggur? Lakukan Hal Ini Biar Tetap Produktif