Sukses

Kenali Tanda-Tanda Pikiran Anda Stres dan Butuh Istirahat

Tanpa sadar pikiran Anda terserang stres dan butuh istirahat. Ini tanda-tandanya.

Liputan6.com, Jakarta Hidup di zaman modern yang dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih memang tak serepot hidup di zaman batu. Namun nyatanya hal tersebut tak lantas membuat hari-hari kita berjalan dengan nyaman seutuhnya. Tekanan kerja di kantor, problem lingkungan, hingga urusan biduk rumah tangga menjadi faktor-faktor penyebab timbulnya stres.

Tentu saja hal ini tak boleh dibiarkan. Stres yang semakin meningkat akan membuat kita menjadi tidak produktif dan tak dapat memiliki kualitas hidup yang baik. Nah, sudahkah Anda tahu saat dimana Anda berada pada level super stress? Melansir halaman Your Tango pada Minggu (29/10/2017), berikut ini adalah 5 Tanda Anda mengalami super stres dan perlu segera mengambil tindakan untuk mengatasinya.

Kesalahan ceroboh

Salah satu ciri bahwa Anda tengah berada di level sangat stres adalah seringnya melakukan berbagai kecerobohan. Pikiran yang sangat tertekan membuat Anda tidak fokus dalam mengerjakan detil kegiatan sehari-hari. Jika hal ini terjadi, segeralah ambil momen untuk beristirahat. Dalam masa tersebut, pastikan juga nutrisi untuk tubuh Anda tercukupi. Asupan energi akan membantu sel-sel otak dan bagian frontal lobe untuk kembali berfungsi optimal.

Buntu

Pikiran buntu tak dapat berpikir menjadi tanda lain bahwa Anda tengah berada dalam kondisi super stres. Ketika hal inni melanda, Anda tak akan mampu untuk membuat keputusan-keputusan atau melihat kesempatan-kesempatan yang ada. Tarik nafas panjang, bergerak ke luar sejenak dari lingkungan sekitar, dan lihatlah pemandangan yang bisa menyegarkan mata dan otak Anda. Mengobrol bersama teman juga bisa menjadi pilihan jitu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menghakimi

Saat mengalami kondisi stres berat, Anda akan cenderung memiliki pandangan negatif pada apapun atau siapapun. Di saat-saat seperti itu, Anda akan lebih mudah menghakimi segala hal yang tidak membangun melainkan hanya sekadar penilaian buruk. Ini lah momen di mana kemampuan kontrol diri Anda diuji. Ingatlah dengan imbauan-imbauan moral atau spiritual agar otak Anda mendapat stimulasi positif sehingga hilang pikiran negatif.

Menyalahkan diri

Bukan hanya kepada hal-hal di luar diri, penilaian negatif saat sedang stres berat juga akan berlaku terhadap diri sendiri. Anda akan menyalahkan diri sendiri untuk berbagai hal yang mungkin sesungguhnya berada di luar kontrol Anda. Untuk mengatasinya, cobalah untuk tidak terbawa pada proses tersebut. Alihkan sejenak pikiran Anda pada hal lain, terutama sesuatu yang menyenangkan. Setelah pikiran jernih, barulah introspeksi bisa dilakukan secara lebih efektif.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.