Sukses

Tren Pemesanan Tiket Kereta Api Jelang Libur Akhir Tahun

Liputan6.com, Jakarta Menjelang libur akhir tahun, pemesanan tiket kereta api sudah mulai meningkat. Pegipegi, salah satu travel agen online telah melakukan riset untuk mengetahui tren pemesanan tiket kereta api jelang libur Natal dan Tahun Baru.

Data yang ditemui mengungkap, masyarakat sudah mulai mempersiapkan liburan akhir tahun dengan memesan tiket kereta api jauh-jauh hari, yaitu sejak awal Oktober atau H -90 keberangkatan. Hingga saat ini, pemesanan tiket kerata api meningkat 18 persen. Angka tersebut dirangkum selama periode pemesanan 24 September sampai 4 Oktober, untuk keberangkatan 23 Desember 2017 sampai 2 Januari 2018. Tangga 23 yang jatuh pada hari Sabtu, diprediksi menjadi puncak keberangkatan libur akhir tahun ini.

Terkait hal ini, Takeo Kojima CEO Pegipegi menurut informasi yang diterima Liputan6.com, Kamis (26/10/2017) mengatakan, pada aplikasi Pegipegi sendiri sudah mulai terlihat peningkatan pemesanan tiket kereta jika dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

“Diprediksi peningkatan pemesanan akan terlihat di akhir November, H-3 sampai H-1 minggu jelang keberangkatan. Ini beda dengan lebaran, libur akhir tahun orang-orang lebih suka beli tiket dadakan. Jadi kalau tidak sigap, kemungkinan gak kebagian,” ungkap Kojima.

Menurut data internal Pegipegi, tahun lalu ada lima destinasi di Pulau Jawa yang menjadi tujuan favorit libur akhir akhir tahun pengguna kereta api, antara lain Bandung, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, dan Cirebon. Tahun ini diprediksi tidak jauh berbeda.

Data sampel yang diambil dari pemesanan tiket kereta api keberangkatan Stasiun Gambir, pada 23 Desember, tiket kereta untuk ke lima destinasi favorit tersebut sudah terjual 50 persen. Pada tanggal tersebut, kereta api menuju Bandung dari Stasiun Gambir tersisa kereta api Argo Parahiyangan kelas Ekonomi dan Eksekutif. Untuk menuju Yogyakarta, tersisa kereta api Gajayana, Argo Lawu, dan Taksaka kelas Eksekutif. Tiket kereta api tujuan Surabaya tersisa Bangungkarta 56, Sembrani 48, dan Argo Bromo Anggrek 44 kelas Eksekutif. Sedangkan tiket kereta api menuju Cirebon tersisa kereta api Gumarang 78, Senja Utama YK, Cirebon Ekspress, dan Tegal Bahari 66 kelas Ekonomi dan Eksekutif.

“Ketersediaan tiket kereta api jelang libur Natal dan Tahun Baru 2018 memang masih tersedia, namun kami menghimbau masyarakat, khususnya yang akan menggunakan kereta api untuk merencanakan perjalanannya sesegera mungkin. Perlu diketahui, liburan ini merupakan peak season,” tambah Kojima.

 

Artikel Selanjutnya
Cek Jadwal Keberangkatan 15 KA Tambahan Hadapi Libur Idul Adha
Artikel Selanjutnya
Hadapi Libur Idul Adha, KAI Operasikan 15 Kereta Tambahan