Sukses

Ini Alasannya Si Introvert Hobi Traveling Sendirian

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak alasan yang membuat sebagian orang enggan untuk berada dalam keramaian atau bertatap muka dengan orang lain. Terutama untuk mereka yang memiliki kepribadian introvert.

Jangankan bepergian ke tempat yang jauh dan tidak dikenali sama sekali, bicara dengan orang bisa jadi merupakan hal yang tidak nyaman bagi orang yang memiliki kepribadian tertutup. Sebagai makhluk sosial tentu saja manusia tidak bisa terus hidup dalam dunianya sendiri. Ada banyak kebutuhan yang harus dipenuhi dan itu tidak selamanya bisa dilakukan seorang diri.

Traveling merupakan salah satu terapi bagi para introvert agar lebih bisa membuka diri terhadap lingkungan luar dan menjadikan hidupnya lebih berwarna. Dilansir dari laman matadornetwork, ada 3 alasan mengapa orang yang berkepribadian introvert juga perlu untuk traveling sendirian.

Semakin Terbiasa Berbicara dengan Orang Lain

Ada kecenderungan orang berkepribadian introvert akan menghindar untuk bicara dengan orang lain. Bisa jadi mereka akan berbalik arah agar tidak harus membuka percakapan saat melihat ada orang yang datang. Namun jika Anda termasuk berkepribadian introvert, tentu Anda tidak bisa selamanya tidak bicara sama sekali dengan orang lain. Berlatih untuk semakin terbiasa membuka pembicaraan dengan orang lain dengan pergi traveling sendirian adalah cara yang tepat.

Mau tidak mau Anda harus bicara dan bertatap muka dengan orang yang Anda temui untuk berbagai keperluan. Anda perlu bertanya di mana loket pembelian tiket, arah mana yang harus dituju, aturan apa yang boleh dan tidak boleh, tempat menjual makanan, hotel dan lainnya. Mau tidak mau Anda terpaksa bicara dengan orang lain agar tidak tersesat terutama jika Anda berada di kawasan yang sama sekali belum pernah Anda kunjungi.

 

1 dari 2 halaman

Lebih Bisa Menemukan Banyak Makna dalam Kesendirian

Sebagian besar orang mungkin beranggapan traveling akan lebih menyenangkan jika dilakukan ramai–ramai. Ada beragam aktifitas yang bisa dilakukan bersama jika Anda traveling bersama teman atau keluarga, mulai dari menikmati tempat wisata, foto bersama atau makan siang rama–ramai.

Acara senda gurau pasti akan sering dinikmati jika Anda traveling ramai–ramai. Seorang ektrovert pasti akan merasa kesepian jika dia harus melakukan perjalanan sendirian. Lain halnya dengan orang yang introvert, bepergian sendirian tentu bukan menjadi masalah untuknya.

Traveling sendirian bagi orang introvert justru merupakan kesempatan untuk merenung dan menemukan banyak makna kehidupan melalui setiap momen yang dirasakannya selama perjalanan.

Lebih Bebas untuk Mengambil Keputusan

Bepergian dengan teman memang menyenangkan. Ada teman yang diajak ngobrol selama perjalanan, meskipun hal ini membutuhkan usaha yang lebih untuk seorang introvert.

Namun alasan mengapa orang introvert sesekali perlu untuk melakukan perjalanan sendirian, karena ia akan lebih mudah untuk mengambil keputusan. Saat melakukan perjalanan dengan teman, Anda perlu mendapat kesepakatan bersama saat akan memilih tempat makan siang atau saat akan berhenti untuk beristirahat.

Kadang meminta persetujuan bersama akan menimbulkan rasa tidak enak bagi seorang introvert untuk memulainya lebih dulu. Lain halnya jika traveling sendirian. Anda akan lebih mudah untuk memutuskan kapan Anda harus berhenti, di mana akan menginap, atau ke tempat seperti apa untuk menenangkan diri. Keputusan ada di tangan Anda. Kalau Anda seorang introvert, ada baiknya mencoba traveling sendirian. Ada beragam warna kehidupan yang akan Anda temui selama perjalanan dan membuat hidup Anda lebih berwarna.

Melia CitraSumber 

Artikel Selanjutnya
5 Idola K-Pop Ini Punya Hobi Unik
Artikel Selanjutnya
Takut Gugup Saat Kencan Pertama? Coba 6 Ide Ini