Sukses

Ini 12 Trik Jitu Agar Anak Doyan Makan

Liputan6.com, Jakarta Anak susah makan, itulah yang biasa dirasakan orangtua di saat buah hati mereka sudah mengenal makanan padat. Banyak ibu yang mengeluhkan anak mereka susah makan hingga stres mencari solusinya. Jangan khawatir, karena ada tips jitu anak susah makan berikut ini:

Ilustrasi Foto Sarapan (iStockphoto)

1. Sajikan dengan Porsi Kecil

Lambung si kecil tak sebesar orang dewasa, maka jangan memaksa anak untuk makan terlalu banyak. Makanlah dengan porsi sedikit, agar ia tak keburu malas untuk menyantapnya. Usahakan juga tambah frekuensi makan anak dengan porsi sedikit.

2. Hadiah

Trik yang ini bisa Anda coba sesekali untuk si kecil. Beri ia hadiah jika ia makan dengan baik. Dengan begitu, maka si kecil akan lebih bersemangat untuk makan. Namun, hindari reward makanan manis, tinggi lemak, gorengan atau makanan yang berdampak buruk untuk si kecil.

3. Sajikan Makanan Menarik

Ibu harus kreatif mengolah makanan agar si kecil suka. Tak hanya enak, ibu juga bisa buat makanan dengan tampilan yang menarik, seperti mencetak nasi goreng menjadi bentuk beruang, atau kelinci. Letakkan juga makanan di wadah favorit si kecil agar ia menjadi semakin tertarik.

4. Buat Kondisi Makan yang Menyenangkan

Jangan sesekali mengancam , karena itu hanya membuatnya trauma. Justru buatlah kondisi yang menyenangkan. Buatlah menikmati makanan menjadi momen interaksi antara orang tua dan anak. Selama waktu makan, minimalkan gangguan yang ada selama makan.

5. Mengurangi Jajan Diluar

Usahakan anak tak jajan diluar. Selain gizinya tak bisa terkontrol, ia juga akan terbiasa makan makanan luar daripada makan dirumah.

6. Makan Teratur

Buatlah jadwal yang tepat untuk anak susah makan agar waktu makan mereka lebih teratur. Hal tersebut agar si kecil terbiasa dengan waktu makannya dan hidupnya lebih teratur.

7. Berikan Cemilan Sehat

Tak hanya makanan utama saja, lengkapi gizi anak dengan camilan sehat. Buatlah camilan seperti bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang.

8. Libatkan Anak saat Siapkan Makanan

Saat menyiapkan makanan, maka ibu bisa libatkan anak dari mula mengambilkan buah dan sayur hingga siapkan makanan di meja makan. Maka, ia akan mencontoh kebiasaan orang tuanya yang makan makanan sehat dan mengenal bahan makanan.

9. Ajak Anak Berolahraga

Ajak anak untuk aktif bergerak dengan berolahraga. Dengan berolahraga, maka detak jantungnya akan meningkat dan lebih sehat. Hal ini akan membantu pembakaran kalori di dalam tubuh sehingga ia makin nafsu makan.

10. Gunakan Perlengkapan Makan Warna Cerah

Warna-warna yang cerah bisa membantu si kecil semakin nafsu makan. Pilihlah peralatan makan yang berwarna cerah agar semakin nafsu makan, seperti warna merah, orange, kuning dan hijau.

11. Konsumsi Jeruk

Buah jeruk mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga meningkatkan nafsu makan. Berikan si kecil vitamin C dari buah-buahan dan vitamin B juga zinc. Vitamin B juga mampu mengontrol suasana hati.

12. Batasi Pemberian Minum

Terkadang, anak-anak sangat suka sekali minum. Hal ini tak hanya membuatnya kembung tapi juga membuatnya kenyang dan tak mau lagi makan.

Agar semakin menarik, bekali anak makan siang sekolahnya dengan menu lezat dan favorit. Anda bisa kreasikan menu favorit dari nugget INI.

 

Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya
Artikel Selanjutnya
Bawa Balita Saat Libur Panjang? Kemas Barang Ini dalam Tas Anda