Sukses

5 Destinasi Paling Tersembunyi di ASEAN, Ada dari Indonesia

Jakarta Perlahan namun pasti, negara-negara di ASEAN jadi incaran banyak traveler dunia. Dengan iming-iming murah, di mana kenyataannya memang cukup terjangkau ketimbang sejumlah destinasi lain di Bumi, juga pemandangan epic tiada dua, alhasil tak sedikit turis yang ingin menuntaskan penasaran akan keping wilayah di Asia ini.

Pada akhirnya, sekarang kamu bisa dengan begitu mudah menemui kerumunan yang kadang jadi terlalu banyak di sejumlah destinasi dan pada waktu tertentu. Tempat-tempat yang semula bisa dijelajah tanpa pelancong dalam jumlah sebegitu banyak, sekarang malah mengajarkanmu berbagi pesona dengan tak sedikit traveler dari berbagai belahan dunia.

Karenanya, wajar kalau kemudian muncul daftar destinasi paling populer yang diimpit rapat bayang tempat-tempat tersembunyi di sejumlah wilayah di seantero kawasan ASEAN. Sejenak melarikan diri dari riuh rendah nama-nama populer, kamu juga bisa jelajah destinasi berlabel tersembunyi untuk bersua pesona Asia Tenggara yang lain. Berikut beberapa nama seperti dilansir dari Guardian, Selasa (23/10/2017).

Nan, Thailand. Berbaring di dekat perbatasan Thailand-Laos, tempat ini dipertimbangkan sebagai kawasan paling terpencil di Negeri Gajah Putih. Tenang, tenang, tenang. Hingga hari ini Nan masih keras kepala menyembunyikan keping-keping sejarah yang belum terpecahkan. Dianugerahi pemandangan alam yang demikian menakjubkan, Nan adalah opsi terbaik untuk berpisah sebentar dengan wilayah-wilayah ramai di Thailand.

1 dari 3 halaman

Kratié, Kamboja yang Begitu Misterius

Kratié, Kamboja. (Sumber Foto: poropekeadventures/Instagram)

Kratié, Kamboja. Bisa dibilang, Kamboja adalah salah satu negara paling tak populer bagi tak sedikit pelancong dari Indonesia. Dari ketidakpopuleran itu, Kamboja ternyata masih punya rahasia berlapis. Kratié, wilayah yang dijuluki wild east ini merupakan desa nelayan dengan bangunan peninggalan kolonial Perancis yang cantik, begitu cantik. Menawarkan nuansa pedesaan, sayang kalau kamu menolak perjalanan ke sini.

Kahatola, Loloda, Maluku Utara. (Sumber Foto: wahidkusumahadi/Instagram)

Maluku Utara, Indonesia. Negeri Khatulistiwa pun tak ingin ketinggalan merepresentasikan satu destinasi berlabel tersembunyi. Meninggalkan wilayah timur Indonesia yang mulai terkesan begitu-begitu saja, Maluku Utara bisa jadi opsi paling menarik. Masih menawarkan penjalajahan bahari yang menawan, siap-siap dibuat kagum tiada kepalang oleh Maluku Utara.

2 dari 3 halaman

Sunyinya Taiping

Taiping, Malaysia. (Sumber Foto: alex_yap/Instagram)

Taiping, Malaysia. Sementara Ipoh dan Penang banjir pengunjung, Taiping tetap saja sunyi. Padahal, tempat ini menawarkan suasana yang tak kalah memukau. Ada eksotisme di antara bangunan-bangunan bersejaranhnya, pun di jalan-jalan sempit yang mengular hampir ke seluruh kota, juga di aliran sungai terapit pepohonan. Ssst... kamu juga bisa berburu kuliner lezat di sini, lho!

Xe Bang Fai, Laos. (Sumber Foto: rdeboodt/Instagram)

Xe Bang Fai, Laos. Tak hanya di permukaan, cantik ASEAN pun bisa kamu temui di bawah tanahnya. Menjelajah gua sungai Xe Bang Fai di Laos bisa jadi salah satu caranya. Tak punya wilayah pesisir, bukan berarti kamu tak akan sama sekali menjumpai wisata air. Di sini, kamu bisa naik kayak ke titik paling lebar, yakni 200 meter, dan ruang berlangit-langit paling tinggi di 120 meter. 

Artikel Selanjutnya
Kemenpar Gencar Promosikan Indonesia di Europalia Arts Festival
Artikel Selanjutnya
Nongsa Dikepung 1500 Wisman Saat Libur Panjang