Sukses

Cara Menjawab Satu Pertanyaan Sulit ketika Wawancara Pekerjaan

Liputan6.com, Jakarta Wawancara pekerjaan merupakan satu bagian yang menentukan dalam proses penerimaan kerja. Seperti yang mungkin sudah pernah Anda lalui, ada berbagai pertanyaan yang diajukan dalam proses wawancara. Mulai dari latar belakang pribadi, tingkat pendidikan, pengalaman kerja, dan lain sebagainya.

Selain dari pertanyaan-pertanyaan yang langsung berhubungan dengan kehidupan kita pada saat ini, terkadang ada pula beberapa pertanyaan yang sedikit “mengawang-ngawang”. Salah satunya adalah pertanyaan mengenai visi Anda ke depan atau lebih konkretnya tentang gol karier Anda. Agar tidak “terpeleset” dalam menjawab pertanyaan semacam ini, ada baiknya Anda persiapkan jawabannya secara matang sebelum menghadiri wawancara pekerjaan.

Melansir halaman CNBC pada Senin (23/10/2017), Mary Grace Gardner dari situs The Young Professionista menyatakan bahwa ketika pihak perusahaan bertanya tentang tujuan karier Anda, maka yang sesungguhnya mereka ketahui adalah seberapa lama Anda bisa bekerja di sana. Perusahaan ingin mencari seseorang yang bisa bekerja lama dengan mereka.

 

1 dari 2 halaman

Jawab dengan yakin

Untuk meyakinkan bahwa Anda benar-benar serius menginginkan pekerjaan di sana, Anda harus bisa mendemonstrasikan bagaimana Anda dapat bertumbuh bersama perusahaan.

“Rumuskan tujuan karier Anda sehingga jelas terlihat punya kesamaan visi dengan perusahaan dan sangat berhubungan dengan jabatan yang Anda lamar,” ucap Roy Cohen, seorang career coach dan penulis buku “The Wall Street Professional’s Survival Guide”.

Career coach lain, Angela Copeland, menambahkan bahwa pelamar harus berhati-hati agar tak tampak sangat bersemangat dengan menjabarkan satu gol karier, tapi terlihat kurang tertarik dengan posisi yang dilamar. Selain itu, penting juga untuk menghindari kesan bahwa Anda tidak tahu apa yang sebenarnya Anda inginkan di masa depan.

Semoga paparan ini cukup membantu Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi wawancara pekerjaan. Selamat berjuang!

Bio In God Bless

Artikel Selanjutnya
Jangan Bunuh Diri dengan Kelakuan Tak Pantas Bos Anda
Artikel Selanjutnya
6 Pertanyaan yang Membuat Hubungan Semakin Romantis