Sukses

Mau Beli Sepatu Treking? Ini Rekomendasi dari Pendaki Profesional

Jangan asal saat membeli sepatu treking, perhatikan keperluan dan pilih bahan yang sesuai.

Liputan6.com, Jakarta Sepatu treking menjadi perlengkapan wajib yang perlu dimiliki seorang pendaki gunung. Banyak kasus kecelakaan yang mengakibatkkan cedera kaki karena pendaki tidak mengenakan sepatu yang tepat. Lalu bagaimana cara memilih sepatu treking yang tepat sesuai kebutuhan?

Tri Hardiyanto, seorang pendaki gunung profesional yang ikut dalam ekspedisi 7 Summits Indonesia in 100 Days kepada Liputan6.com, Minggu (22/10/2017) mengatakan, hal pertama yang perlu diperhatikan saat membeli sepatu treking adalah ukuran. Ukuran yang tepat untuk sepatu treking adalah satu nomor di atas nomor sepatu yang biasa dipakai.

“Kenapa begitu? Karena jika terlalu pas akan sangat menyiksa kaki disaat sepatu digunakan untuk turun gunung,”  ungkap Tri.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah pilih bahan sepatu yang anti air. Selain itu, pilih sepatu yang sudah berbahan vibram untuk bagian sol sepatunya. Bahan vibram sangat membantu pendaki saat berada di medan licin khas gunung-gunung yang ada di Indonesia.

Menurut Tri, bentuk juga menjadi pertimbangan penting saat memilih sepatu treking. Bentuk sepatu yang tinggi mampu melindungi bagian kaki secara utuh. Apalagi bentuk sepatu yang tinggi bisa melindungi kaki saat salah pijak.

“Pilih sepatu treking yang tinggi melewati mata kaki. Itu penting, untuk melindungi bagian mata kaki, pergelangan kaki, dan angkle,” kata Tri menambahkan.

Tri juga menuturkan, dirinya lebih memilih sepatu merek luar negeri ketimbang dalam negeri. Hal tersebut bukan tanpa sebab, pasalnya merek sepatu treking luar negeri dirasa lebih kuat. Namun demikian, dalam perjalanan ekspedisi 7 Summits Indonesia in 100 Days yang sedang dijalankannya, Tri Hardiyanto merasa nyaman dan memilih memakai sepatu treking merek lokal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini