Sukses

Ribuan Onthelis Akan Wisata ke Museum Yogyakarta

Para penggemar sepeda onthel akan mengunjungi kota Yogyakarta dan berpartisipasi dalam acara Jogja Republik Onthel (JRO) 2017.

Liputan6.com, Yogyakarta Ribuan onthelis, sebutan bagi penggemar sepeda onthel akan mengunjungi kota Yogyakarta dalam Jogja Republik Onthel (JRO) 2017. Acara JRO ini digelar pada tanggal 21 dan 22 Oktober 2017 dan dipusatkan di Museum Benteng Vrederburg.

Muntowil, Presiden JRO 2017 menjelaskan ribuan onthelis ini akan memenuhi jalanan di kota Yogyakarta. JRO muncul karena dahulu kota Yogyakarta pernah menjadi Kota sepeda. Selain itu Kota Yogyakarta pernah menjadi ibokota republik Indonesia pada tahun 1949.

"Kami merasa perlu untuk mengenang kembali dalam bentuk kegiatan besepeda yang kami beri nama Jogja Republik Onthel 2017," ujarnya Kamis (19/10/2017).

Towil mengatakan untuk tema JRO tahun ini adalah "Onthel Sahabat Museum, Museum Selalu Dihati. Tema ini dipilih sebagai gambaran bahwa pecinta sepeda tua itu juga mencintai museum.

"Tidak hanya sebagai tempat untuk menyimpan benda masa lalu tetapi juga tempat untuk belajar," ujarnya.

Towil mengatakan para penggemar sepeda tua khususnya dari Komunitas Speda Tua Indonesia (KOSTI) akan dilibatkan dalam kirab sepeda dari museum ke museum. Anggota kosti dari berbagai daerah seperti dari Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi, Jawa, Bali juga Malaysia akan memeriahkan kirab.

"Event ini diharapkan dapat mendukung pariwisata Yogyakarta dan mengkampanyekan gerakan bersepeda beserta fasilitas pendukungnya," ujarnya.

Towil mengatakan, pihaknya sudah merancang berbagai acara untuk memeriahkan event ini. Pameran sepeda tua akan digelar mulai dari 13-22 Otkober 2017 di Benatara Budaya. Sedangkan pasar aonthel akan diadakan di pasar klitiikan pada 21-22 Oktober 2017. 

"Bendera start akan dikibarkan oleh wagub DIY Paku Alam X," ujarnya.

(yanuar H)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini