Sukses

Perhatikan Tips Jitu Pilih Sepeda yang Aman untuk Anak

Liputan6.com, Jakarta Sepeda adalah salah satu hal yang umum diinginkan setiap anak dimanapun. Membelikan sepeda untuk anak sama halnya seperti memperkenalkan kendaraan untuk si kecil. Maka dari itu, kita harus sangat hati-hati saat membeli dan memilihkannya untuk anak. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui sebelum memilihkan sepeda untuk si kecil, berikut ini:

Tips Memilih Sepeda Anak

1. Sesuaikan Usia

Salah satu trik memilih sepeda anak adalah sesuaikan dengan usianya. Pertimbangan ini akan menentukan model hingga material sepeda tersebut. Misalnya, saat anak berusia 2 tahun, maka tidak mungkin ia naik sepeda dewasa yang tinggi dan berbahan besi.

2. Ukuran Sepeda

Agar anak terhindar dari kecelakaan, maka pilihlah ukuran yang sesuai dengan tinggi dan berat anak. Pastikan, ia mampu mengayuh pedal dengan nyaman. Lalu, pastikan juga lutut anak tidak menyentuh stang saat mengayuh sepeda.

3. Rangka Sepeda

Rangka yang baik tentu harus kuat dan didesain lurus ke depan sampai kebelakang. Untuk mengetahui kondisi ini, maka Anda harus melihat dari arah ban dalam posisi lurus ke belakang.

4. Rem Sepeda

Rem sepeda juga menjadi pertimbangan yang sangat penting karena mampu mempengaruhi keselamatan anak. Jika rem mengeluarkan bunyi, maka kurang bagus. Rem yang baik biasanya setelah diputar maka roda akan cepat berhenti.

5. Stang Sepeda

Posisi stang bisa berpengaruh pada kenyamanan si kecil. Jangan sampai stang sepeda terlalu dekat atau jauh sehingga anak dapat memegang stang dengan mudah dan nyaman.

6. Velg Sepeda

Velg yang bagus adalah terbuat dari logam campuran dan alumunium. Bahan ini mampu dicengkram oleh rem saat basah. Lalu pertimbangkan juga ukurannya, sebagai berikut:

• usia anak 2 - 4 tahun ukuran pelek 12 inci atau 30cm

• usia anak 4 - 7 tahun ukuran pelek 16 inci atau 40cm

• usia anak 5 - 8 tahun ukuran pelek 18 inci atau 45cm

• usia anak 8 - 12 tahun ukuran pelek 20 inci atau 50 cm

• usia anak diatas 12 tahun ukuran pelek 24 inci atau 60cm dan 26 inci atau 65cm

7. Pelindung Rantai

Pelindung rantai mampu melindungi celana atau kaki si kecil agar tidak kotor bahkan tersangkut. Rantai tanpa pelindung akan memberikan peluang kaki anak bergesekan saat mengayuh sepeda.

Bagi Anda yang ingin lihat dan membelikan sepeda untuk buah hati, bisa di cek DI SINI.

 

 

Artikel Selanjutnya
Mau Liburan Tapi Tak Punya Uang? Ini 5 Trik Atasinya
Artikel Selanjutnya
Bawa Balita Saat Libur Panjang? Kemas Barang Ini dalam Tas Anda