Sukses

Merancang Ulang Interior Rumah? Ini 4 Tips Jitu Memilih Perabotan

Liputan6.com, Jakarta Ketika kita memiliki rumah baru atau akan mendesain ulang gaya interior rumah yang sudah lawas, tentu kita tidak akan membiarkan rumah dalam keadaan kosong tanpa perabot. Perabotan pengisi rumah biasanya dipilih berdasarkan fungsi, model, warna, bentuk dan mampu memperindah bagian dalam rumah.

Penghuni rumah baru pasti membutuhkan banyak perabotan untuk mengisi rumah tetapi bukan tidak mungkin penghuni lama juga membutuhkan perabotan baru saat mendesain ulang interior rumahnya. Membeli barang–barang pengisi rumah mulai dari furnitur sampai aksesoris memang membutuhkan pertimbangan yang matang. Disamping perlu meneliti kualitas barang agar bisa tahan lama, prioritas barang mana yang akan dibeli terlebih dahulu juga perlu diperhatikan.

Tidak bisa dipungkiri membeli barang perabotan juga membutuhkan biaya yang besar. Dilansir dari laman freshome ada 4 tips yang dapat membantu Anda agar bisa berbelanja perabotan rumah dengan lebih mudah.

ilustrasi foto stylish bed room/ kamar tidur (iStockphoto)

Memastikan gaya interior rumah yang diinginkan

Anda bisa saja memiliki dana untuk membeli banyak barang saat mendesain interior rumah. Namun ada baiknya Anda memastikan terlebih dahulu gaya interior seperti apa yang ingin Anda wujudkan. Tentu disesuaikan dengan selera penghuni rumah. Bukan sekedar kesukaan terhadap keindahan interior yang perlu diperhatikan, fungsi perabot, ukurannya apakah sesuai dengan luas rumah, warna dan lain sebagainya. Ada banyak hal yang perlu dipikirkan dalam mendesain interior. Jika semua sudah terpikirkan dengan matang, barulah Anda siap untuk membeli barang yang dibutuhkan. Perencanaan desain yang matang sebelum membeli perlu dilakukan agar tidak ada barang yang tidak terpakai dan akhirnya menjadi sia–sia.

Beli yang Paling Utama lebih Dahulu

Anggaran pasti menjadi pertimbangan ketika Anda ingin mendesain ulang interior rumah. Daftar barang yang Anda butuhkan untuk proyek desain Anda sudah siap, sayangnya anggaran yang tersedia sangat terbatas dan tidak dapat membeli semua barang yang ada di daftar. Jika ini yang dihadapi, prioritaskan barang utama yang membutuhkan biaya paling besar. Pastikan untuk membeli furnitur utama yang paling dibutuhkan sebelum membeli aksesoris rumah. Dengan membeli yang paling utama, rumah tetap akan memiliki fungsi sesuai yang dibutuhkan, sementara untuk aksesoris penghias rumah bisa dibeli secara bertahap ketika dananya sudah tersedia.

Ilustrasi Foto Desain Dapur (iStockphoto)

Bandingkan Harga Sebelum Membeli

Jika Anda hanya memiliki anggaran yang sangat sedikit, jangan membeli barang bekas ketika memenuhi interior rumah Anda. Belilah barang baru agar barang lebih tahan lama dan berumur panjang.

Untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan anggaran, carilah informasik sebanyak-banyaknya melalui internet. Mungkin saja ada informasi dari beberapa toko furnitur yang memberikan sedang diskon besar-besaran.Tentu Anda perlu rajin berselancar di internet agar bisa mendapat harga termurah atas barang yang Anda butuhkan. Beberapa market place bahkan cukup membantu dalam urusan perbandingan harga.

Ukur Ulang Barang yang Akan Dibeli

Saat membeli furnitur yang memakan banyak tempat di rumah, tentu tidak bisa sembarangan. Bisa–bisa furnitur yang Anda beli malah tidak bisa ditempatkan di dalam rumah, karena ukurannya yang terlalu besar. Ada baiknya ukur ulang furnitur barang yang akan dibeli. Apakah panjang dan lebarnya sesuai dengan luas ruang yang tersisa?

Apakah siluet furnitur yang akan dibeli bisa membuat ruang terlihat makin sempit atau membuatnya tampak lebih luas? Memastikan ulang ukuran furnitur yang akan dibeli akan lebih aman dari kemungkinan salah beli barang. Mendesain ulang interior rumah demi kenyamanan penghuni rumah juga akan memberikan suasana baru yang lebih menyenangkan.

Melia Citra

Artikel Selanjutnya
Panduan agar Nyaman Tinggal di Kamar Kos
Artikel Selanjutnya
Tips Mudah Menata Kamar Tidur Minimalis