Sukses

5 Langkah Mudah untuk Mengatasi Permasalahan Kulit Kusam

Liputan6.com, Jakarta Kulit cerah dan bebas kusam adalah dambaan setiap wanita. Berbagai produk kecantikan berlomba-lomba untuk menjanjikan hasil maksimal dalam kurun waktu tercepat mengatasi permasalahan kulit kusam. Namun, seringkali produk-produk tersebut berisiko mengandung bahan berbahaya dan harga yang ditawarkan pun tidak masuk akal.

Tahukah Anda bahwa kulit cantik bersinar dapat diperoleh dengan 5 langkah mudah tanpa perlu anggaran besar? Dilansir dari skinkissable.com, Jumat (20/9/2017) berikut 5 tips perawatan kecantikan yang bisa Anda lakukan.

1. Awali dengan rutin membersihkan wajah

Membersihkan wajah adalah langkah utama yang harus dilakukan untuk memiliki kulit cerah. Sisa makeup, minyak, dan debu yang menumpuk pada kulit dapat membuat wajah menjadi kusam. Bersihkan wajah Anda pada pagi hari sebelum mengaplikasikan makeup dan malam hari menjelang tidur. Anda dapat menggunakan pembersih alami berupa campuran madu dengan satu sendok teh susu. Hangatkan campuran selama beberapa detik di dalam microwave, kemudian aplikasikan pada wajah dan leher Anda. Pijat lembut, kemudian bilas dengan air hangat.

Ternyata, madu memiliki manfaat tersembunyi untuk ritual kecantikan Anda. Penasaran? (iStockphoto)

2. Face steaming

Face steaming atau penguapan perlu dilakukan satu kali dalam seminggu. Gunanya adalah untuk menghilangkan racun, blackheads, dan ketidaksempurnaan kulit lainnya. Anda dapat menambahkan minyak esensial sesuai kebutuhan dan jenis kulit Anda untuk hasil yang lebih maksimal.

Berikut cara sederhana mencerahkan wajah alami di rumah tanpa harus mengeluarkan banyak uang untuk perawatan kecantikan.

3. Eksfoliasi kulit wajah dengan scrub alami

Lakukan eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati pada wajah Anda secara rutin, setidaknya sekali atau dua kali dalam seminggu. Anda dapat membuat scrub alami di rumah dengan campuran minyak zaitun murni dan gula cokelat. Aplikasikan campuran tersebut dengan lembut pada kulit wajah dan leher Anda, kemudian bilas dengan air hangat. Bilas lagi wajah Anda dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori kulit wajah.

4. Jaga kelembapan wajah Anda

Melembabkan wajah dapat Anda lakukan dengan memanfaatkan bahan alami seperti minyak almond atau rosehip. Aplikasikan secara rutin agar kulit tak terasa kering dan bersisik.

Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)

5. Masker Wajah

Pakailah masker pada wajah Anda secara rutin setidaknya seminggu sekali. Anda dapat mencoba masker pisang dengan campuran dua sendok yoghurt, dan satu kapsul vitamin E. Oleskan campuran pada wajah dan leher Anda, lalu diamkan selama 15 menit. Bilas wajah dengan kain yang telah direndam dengan air hangat.

Perlu diingat bahwa dengan menggunakan bahan alami tentu akan membutuhkan waktu yang lebih lama hingga menunjukkan hasil maksimal. Proses dapat menjadi lebih cepat apabila didukung dengan gaya hidup sehat seperti menghindari rokok dan minuman keras, minum cukup air putih, konsumsi jus buah alami atau teh herbal, dan penggunaan tabir surya.

Donna Ayu Savanti

Artikel Selanjutnya
Atasi Kulit Berminyak dengan 6 Langkah Praktis
Artikel Selanjutnya
Langkah Mudah Kecilkan Pori-Pori Wajah