Sukses

Tim 7 Summits in 100 Days Berhasil Gapai Puncak Gunung Bukit Raya

Liputan6.com, Jakarta Puncak Kakam yang merupakan puncak tertinggi dari Gunung Bukit Raya akhirnya menjadi puncak pertama yang digapai oleh tim 7 Summits Indonesia in 100 days.

Gunung Bukit Raya merupakan puncak tertinggi dari pulau kalimantan. Memiliki ketinggian 2.278 mdpl, bukanlah perkara mudah untuk dapat menapaki puncak gunung ini. Butuh perjalanan sekitar 6 hari agar bisa sampai di puncak Kakam yang merupakan puncak tertinggi dari Gunung Bukit Raya.

Perjalanan tim 7 summits Indonesia in 100 Days dimulai pada 10 oktober 2017. Bertolak dari jakarta menuju Palangkaraya, tim tiba di bandara Tjilik Riwut pukul 08.10 WIB. Dari Palangkaraya tim bergerak menuju desa Tumbang Habangoi yang merupakan tempat pertama tim memulai perjalanan menuju Bukit Raya. Menempuh perjalanan sekitar 9 jam menggunakan mobil double cabin dengan medan jalan yang berliku dan naik turun menjadi pengalaman tersendiri dalam ekspedisi ini.

Sampai di Desa Tumbang Habangoi tim beristirahat untuk mempersiapkan kebutuhan yang akan dibawa selama pendakian. Pada 11 Oktober, tim memulai perjalanan dari Desa Tumbang Habangoi menuju tempat peristirahatan pertama menggunakan kapal klotok dengan melawan arus Sungai Sambah. Menempuh perjalanan sekitar 5 jam akhirnya tim sampai di Nusa Mengat. Di sini tim bersitirahat untuk bermalam.

Esok pagi perjalanan dilanjutkan kembali, kali ini menuju Teluk Selaung, masih menggunakan kapal klotok tim tiba setelah 2 jam berjalan melawan derasnya arus sungai. Dari tempat ini perjalanan dimulai dengan berjalan kaki menyusuri lebatnya hutan Bukit Raya. Pukul 16.00 akhirnya tim tiba di Camp Dahie. Di tempat ini tim kembali bermalam.

Perjalanan dilanjutkan menuju Camp Tosah dan Soa Tahutung. Membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk sampai di Tosah. Dari Tosah menuju Soa Tahutung perjalanan sekitar 2 jam 30 menit. Medan menuju Camp Soa Tahutung mulai menanjak terjal. Di tempat ini tim kembali bermalam.

Dari Soa Tahutung, tim bergerak menuju Camp Bitah Sambah. Masih dengan medan menanjak yang terjal perjalanan memakan waktu sekitar 4 jam 30 menit. Di sini tim kembali bermalam untuk mempersiapkan diri menuju perjalanan ke puncak Kakam keesokan harinya.

Perjalanan dari Bitah Sambah menuju Puncak Kakam memakan waktu sekitar 4 jam 30 menit. Dengan medan yang semakin berat namun pemandangan yang semakin indah, akhirnya pada pukul 11.55 WIB tim 7 summits Indonesia in 100 days tiba di puncak tertinggi Gunung Bukit Raya, yaitu Puncak Kakam. Semua lelah yg dijalani terbayar sudah oleh pencapaian tersebut.

Puncak Gunung Bukit Raya ini merupakan awal pencapaian dari tim 7 Summits Indonesia in 100 Days, yang terdiri dari mantan Menteri Pertanian Anton Apriyantono, Mila Ayu Hariyanti, dan Tri Hardiyanto. Masih ada beberapa puncak lagi yang akan didaki untuk mensukseskan ekspedisi yang memiliki misi mempromosikan pariwisata gunung dan pelestarian lingkungan.