Sukses

Intip Rahasia Kulit Cantik Berkilau ala Wanita Jepang

Liputan6.com, Jakarta Wanita Jepang terkenal dengan kulit cantik bertekstur mulus dan tampak awet muda. Sebagian orang beranggapan bahwa hal ini disebabkan oleh faktor genetik wanita Asia. Namun, ternyata kecantikan kulit wanita Jepang tidak terlepas dari faktor gaya hidup sehat dan bahan rahasia utama, yaitu beras.

Berikut ini 5 tips kecantikan berbahan dasar beras yang dapat Anda lakukan di rumah untuk mendapatkan kulit cantik berkilau ala wanita Jepang, seperti dilansir dari skinkissable.com, Jumat (20/10/2017)

1. Air Beras 

Wanita Jepang memanfaatkan air beras untuk mendapatkan kulit yang lebih cerah dan lembut. Caranya dengan merendam satu cangkir beras di dalam dua cangkir air dingin dan dibiarkan selama 20 menit. Setelah itu, aduk beras di dalam air kemudian pisahkan beras dari airnya. Aplikasikan air rendaman beras ke seluruh wajah dan leher Anda, dengan menggunakan kapas atau tissue masker. Setelah didiamkan selama kurang lebih 20 menit, bilas wajah dan leher Anda dengan air hangat tanpa menggunakan sabun. 

2. Teh Hijau dan tepung beras 

Ilustrasi Teh Hijau (iStockphoto)

Teh hijau terkenal dengan manfaatnya yang dapat melarutkan lemak dan membantu mengobati masalah kulit seperti jerawat. Wanita Jepang biasa mengonsumsi teh hijau untuk menjaga berat badan dan melancarkan metabolisme tubuhnya. Tidak hanya itu, wanita Jepang juga biasa memanfaatkan teh hijau sebagai scrub dan masker wajah. Caranya, campur ampas teh hijau dengan satu sendok madu alami. Tambahkan pula satu sendok teh tepung beras dan aduk rata. Balurkan dan gosok lembut campuran tersebut ke kulit Anda, lalu diamkan selama 5 menit. Setelah itu bilas kulit Anda dengan air hangat. 

3 Masker beras dan alpukat

Rebus tiga sendok beras, lalu simpan airnya. Campur beras, dua sendok alpukat dan satu sendok madu. Aduk rata campuran dan aplikasikan ke wajah hingga leher Anda. Diamkan selama 20 menit. Bilas wajah Anda dengan air rebusan beras yang telah disisihkan sebelumnya. Campurang ini dapat menghambat proses penuaan dini.

4 Masker beras dan susu

Ilustrasi Susu Putih (iStockphoto)

Rebus tiga sendok beras, lalu simpan airnya. Campur beras dengan satu sendok madu dan satu sendok susu. Aduk rata campuran dan oleskan pada area kulit yang berjerawat. Diamkan selama 45 menit, kemudian bilas dengan air rebusan beras yang telah disisihkan sebelumnya.

5. Pelembab wajah alami dari air beras

Rendam satu cangkir beras dalam air dingin selama 10 menit. Pisahkan beras dengan airnya. Kemudian panaskan air beras dan campurkan empat tetes minyak palmarosa. Lalu, taruh larutan ke dalam wadah kaca yang gelap, kemudian biarkan mendingin. Aplikasikan larutan pada wajah dengan menggunakan kapas sebagai pelembab. Untuk diingat, simpan selalu larutan di dalam lemari pendingin dan penyimpanan maksimal selama satu minggu.

Donna Ayu Savanti

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.