Sukses

Hindari 7 Kebiasaan Buruk dalam Dunia Makeup dan Kecantikan Ini

Liputan6.com, Jakarta Memang sangat sulit untuk merubah suatu kebiasaan meskipun itu adalah kebiasaan buruk dalam rutinitas kecantikan dan pengaplikasian makeup. Sifat malas sering menjadi alasan utama untuk Anda mengabaikan ritual kecantikan.

Dilansir dari Myfatpocket, Kamis (19/10/17), berikut tujuh kebiasaan buruk yang sering kali dilakukan dan harus segera dihentikan jika tidak ingin mengorbankan kulit Anda.

Tidak menghapus makeup

Hal yang paling penting seperti mengapus makeup adalah kebiasaan yang seringkali dilupakan. Jika Anda tidak membiasakan diri untuk membersihkan makeup sebelum tidur, maka hal ini akan memberikan dampak buruk dalam jangka panjang bagi kulit wajah.

Sisa makeup akan membuat pori-pori tersumbat dan mengakibatkan kulit kusam dan berjerawat.

Ilustrasi Foto Kuas Makeup (iStockphoto)

Tidak menggunakan Tabir Surya

Tahukah Anda bahwa paparan sinar matahari langsung sangat berbahaya bagi kesehatan kulit? Tidak hanya menimbulkan bintik-bintik merah, sinar UV juga menjadi penyebab utama tanda-tanda penuaan seperti garis halus, keriput, kulit kendur bahkan yang paling fatal adalah menyebabkan kanker kulit.

Terlalu Banyak Menggunakan Parfum

Parfum menjadi hal yang paling penting dalam dunia kecantikan. Alih-alih ingin tubuh terasa harum, menyemprotkan terlalu banyak parfum justru menjadi bumerang dan menyebabkan orang-orang di sekitar Anda pusing mencium aromanya. Pilihlah parfum dengan aroma ringan dan menyegarkan.

Ilustrasi: Jerawat Pada Wajah (iStockphoto)

Jerawat

Hadirnya jerawat pada wajah memang merupakan hal yang menjengkelkan. Keinginan untuk menyingkirkan jerawat dengan cara memencetnya dengan tangan justru akan semakin memperlambat proses penyembuhan.

Terjebak dalam satu gaya

Apakah Anda masih menggunakan lipstik tahun 90-an? Atau masih terjebak dengan model alis tipis? Banyak wanita merasa masih terlalu nyaman dalam satu tampilan sehingga mereka lupa untuk mengikuti perkembangan zaman. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk menyegarkan gaya riasan, agar mendapatkan penampilan yang segar dan kekinian.

Tidak pernah membersihkan alat makeup

Kebiasaan yang satu ini memang seringkali dilupakan. Padahal rutin membersihkan perlengkapan makeup seperti kuas sangat penting untuk dilakukan. Lingkungan yang kotor, hangat dan lembab akan membantu proses perkembangbiakan bakteri. 

Ilustrasi Foto Kuas Makeup (iStockphoto)

Menggunakan makeup saat berolahraga

Mungkin Anda ingin tetap terlihat cantik saat berolahraga. Namun bukan berarti Anda harus menggunakan makeup selama berolahraga. Tubuh akan melepaskan panas dan racun saat Anda berolahraga dan akan membuat pori-pori pada kulit terbuka lebar. Penggunaan makeup justru akan menghalangi keluarnya keringat dan racun pada tubuh. Bisa Anda bayangkan berapa banyak keringat dan racun yang terjebak di dalam pori-pori selama Anda berolahraga?

(Latifah Gusri)

Artikel Selanjutnya
5 Rahasia Tampil Cantik Walau Tanpa Makeup
Artikel Selanjutnya
Trik Makeup untuk Tampilan Lebih Muda