Sukses

Manfaat Unik Kulit Pisang yang Jarang Anda Dengar

Liputan6.com, Jakarta Pisang merupakan salah satu buah yang populer dan paling banyak dikonsumsi setiap hari. Selain rasanya yang enak, pisang mengandung berbagai macam kandungan zat yang sangat baik bagi tubuh seperti protein dan potasium. Tak hanya itu buah pisang juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Namun tahukah Anda, ternyata tidak hanya bagian daging buah pisang yang memiliki aneka manfaat. Dilansir dari Independent, Kamis (19/10/17), kulit pisang juga bermanfaat dalam rutinitas kecantikan, membantu menumbuhkan tanaman dan memoles perak.

Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)

Apabila Anda salah satu penggemar buah pisang, mulai sekarang jangan terburu-buru untuk membuang kulitnya. Anda bisa menggosokkan kulit pisang ke permukaan gigi beberapa menit sebelum menyikatnya. Hal ini dapat membantu membuat gigi tampak lebih putih alami dan segar hanya dalam waktu beberapa minggu.

Manfaat Unik Kulit Buah Pisang

Sementara bagi Anda yang ingin menghilangkan jerawat bahkan keriput pada wajah, kini Anda bisa menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada permukaan kulit wajah setiap malam sebelum tidur. Kandungan vitamin dan mineral yang terdapat di dalamnya akan membantu menenangkan kulit yang sedang mengalami radang, iritasi dan mengencangkannya.

Ilustrasi Buah Pisang (iStockphoto)

Kulit pisang juga bisa mempercepat proses penyembuhan penyakit lho. Jika Anda sedang mengalami sakit kepala yang cukup hebat, cukup meletakkan kulit pisang yang sebelumnya sudah didinginkan di lemari es pada bagian dahi Anda.

Kulit buah yang berwarna kuning ini juga sering dimanfaatkan sebagai pupuk, memoles sepatu dan membersihkan barang-barang rumah tangga yang terbuat dari perak.

(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.