Sukses

Ini Keuntungannya bagi Tubuh bila Anda Mengurangi Asupan Gula

Ingin mengurangi gula? Ini keuntungannya bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Makanan dan minuman manis memang menyenangkan untuk dinikmati, karena dapat membuat perasaan jadi lebih tenang. Ada beragam jenis makanan yang mengandung banyak gula dan tanpa sadar masuk ke dalam tubuh dalam jumlah yang cukup besar. Namun hati-hati, jika kesehatan menjadi hal yang diutamakan saat ini, maka asupan kadar gula yang masuk ke dalam tubuh juga perlu diperhatikan.

Kadar gula yang berlebihan akan membawa pengaruh yang kurang baik untuk kesehatan. Ada berbagai penyakit yang bisa saja timbul karena kelebihan zat gula dalam tubuh. Saat tubuh belum jatuh sakit ini adalah saat yang tepat untuk mengatur lagi menu yang Anda makan agar tidak kelebihan gula dalam tubuh.

Ilustrasi Foto Gula Pasir (iStockphoto)

Dilansir dari laman neomam, Sabtu (14/10/2017) ada 4 cara yang bisa Anda terapkan untuk membatasi gula yang masuk ke dalam tubuh.

Sarapan dengan Menu Berprotein Tinggi

Jika Anda terbiasa sarapan dengan sereal atau menu yang mengandung banyak gula sudah saatnya mengganti menu sarapan Anda dengan makanan berprotein tinggi. Sebagian besar paket sereal sudah ditambahi dengan gula. Mengganti menu sarapan dengan makanan yang berprotein tinggi akan membuat Anda lebih kenyang tanpa perlu untuk makanan lebih banyak. Menu ini bisa didapatkan dari telur, roti gandum atau ikan.

Jangan Tertipu dengan Yoghurt

Asumsi kita tentang yoghurt bisa jadi positif. Semangkuk buah-buahan yang dituangkan yoghurt di atasnya terlihat segar dan menyehatkan. Namun apakah seperti itu kenyataannya. Belum tentu. Yang perlu dilakukan adalah memilih yoghurt yang akan dikonsumsi. Di pasaran sudah banyak dijual yoghurt dengan perasa buah dan manis rasanya. Yoghurt jenis ini sekali saji bisa mengandung 24 gram gula. Jumlah yang cukup besar jika dimakan dengan porsi lebih. Anda bisa memilih cara yang lebih sehat dengan mengonsumsi plain yoghurt yang ditambahkan buah-buahan asli yang masih segar.

Berhenti Minum Jus Buah Kemasan

Minum jus mungkin tampak menyehatkan. Tapi pada dasarnya pada minuman jus kemasan ada kandungan gula yang cukup banyak. Tentu saja tubuh tetap mebutuhkan gula sebagai salah satu sumber energi, hanya saja jika terlalu sering Anda hanya akan mendapatkan efek yang kurang baik.

Ganti Selai Roti Anda

Ilustrasi Foto Gula Pasir (iStockphoto)

Sarapan dengan roti tawar yang diolesi selai berperasa manis memang sungguh nikmat. Namun, pernahkah Anda pikirkan ada kadar gula yang cukup besar dari selai yang Anda oleskan pada sarapan roti Anda? Meskipun selainya rasa buah, entah stroberi, blueberry, nanas dan lainnya, tetap saja ada penambahan gula yang cukup banyak dalam pembuatan selai itu.

Agar tidak berlebihan kadar gula yang dikonsumsi, Anda bisa mengganti selai dengan buah–buahan yang masih segar. Misalnya makan roti tawar bersama potongan pisang, stroberi, blueberry dan buah–buahan lainnya yang masih segar. Selain vitamin, Anda pun tetap mendapatkan rasa manis dari buah yang Anda makan bersama roti tawar.

Mulailah atur kadar gula yang masuk ke dalam tubuh dengan memperhatikan menu yang dimakan. Ingat hidup akan terasa lebih manis kalau tubuh sehat dan bisa diperoleh jika bisa mengatur kadar gula sesuai dengan kebutuhan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.