Sukses

Garuda Indonesia Kembali Raih Predikat Maskapai Bintang 5

Liputan6.com, Jakarta Maskapai Nasional Garuda Indonesia kembali meraih prestasi sebagai maskapai bintang lima (5-Star Airlines). Penghargaan ini tidak hanya memberi dampak positif bagi Garuda Indonesia, tetapi juga pariwisata Indonesia.

Garuda Indonesia dinobatkan sebagai yang terbaik bersama dengan 22 maskapai lainnya di dunia. Penghargaan ini diberikan Airline Passenger Experience Association (APEX), asosiasi nirlaba untuk peningkatan pengalaman penumpang penerbangan yang berkedudukan di New York, Amerika Serikat. Penghargaannya secara resmi diberikan dalam acara seremonial APEX Award Ceremony Expo 2017 di Long Beach, California, beberapa waktu lalu.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Pahala N. Mansuri, mengatakan bahwa dalam acara itu Garuda Indonesia diumumkan sebagai "Five Star Recipients of the 2018 Official Airline Ratings". Ini merupakan program pemeringkatan penerbangan pertama yang didasarkan pada umpan balik penumpang yang terverifikasi dan tersertifikasi.

"Keberhasilan Garuda Indonesia meraih predikat sebagai maskapai bintang lima ini merupakan wujud dari komitmen serta hasil kerja keras seluruh karyawan dalam memberikan layanan terbaik kepada para pengguna jasa," ujar Pahala, Rabu (11/10/2017).

Lebih lanjut, ia mengatakan, penghargaan tersebut juga semakin menegaskan posisi Garuda Indonesia sebagai pemimpin global dalam hal pengalaman dan kenyamanan penumpang.

"Kami juga mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh pengguna jasa sehingga Garuda Indonesia bisa meraih predikat prestisius ini," ucap Pahala.

Sebelumnya, Garuda Indonesia juga telah meraih predikat sebagai “The World’s 5-Star Airline” dari Skytrax, lembaga pemeringkat penerbangan independen yang berkedudukan di London, pada Desember 2014.

Dalam penilaiannya, APEX melakukan kerja sama dengan TripIt® dari Concur®, yakni sebuah aplikasi pengorganisasian perjalanan dengan rating tertinggi di dunia, untuk mengumpulkan feedback penumpang secara anonim berdasarkan perjalanan mereka yang telah diverifikasi. Dengan menggunakan skala lima bintang, lebih dari 500.000 penerbangan dinilai oleh penumpang dari seluruh dunia pada periode waktu antara 24 Oktober 2016 sampai 31 Juli 2017.

Para penumpang diminta untuk menilai keseluruhan pengalaman penerbangan mereka dan kemudian diberikan kesempatan untuk memberi peringkat di lima subkategori, yaitu kenyamanan kursi, layanan kabin, makanan dan minuman, hiburan, dan Wi-Fi. Peringkat keseluruhan tersebut kemudian disertifikasi oleh layanan audit eksternal dan digunakan untuk menetapkan "The 2018 Official Airline Ratings".

Menteri Pariwisata, Arief Yahya, mengucapkan selamat atas prestasi yang kembali diraih Garuda Indonesia. Prestasi ini, dikatakannya, tidak hanya berdampak positif bagi Garuda Indonesia, tetapi juga pariwisata Indonesia. Menurutnya, selama ini Garuda Indonesia menjadi bagian penting dalam kemajuan pariwisata Indonesia.

Selain dari layanan penerbangan ke berbagai destinasi, Garuda Indonesia juga selalu senantiasa mendukung program promosi Wonderful Indonesia.

"Di badan pesawat Garuda Indonesia terpampang logo Wonderfu Indonesia," kata Pahala.

Layanan yang terbaik dan ramah dari seluruh kru Garuda Indonesia merepresentasikan wajah dari masyarakat Indonesia yang kaya akan budaya dan keramahan. Garuda Indonesia dalam layanan hiburan in-flight juga menghadirkan berbagai video promosi tentang Indonesia.

Lebih lanjut, Arief mengatakan, raihan prestasi yang diraih Garuda Indonesia ini juga menunjukkan komitmen CEO-nya yang tinggi sehingga dapat menjaga performance-nya dengan baik.

"Saya selalu mengatakan, jika ingin menjadi pemain kelas dunia harus menggunakan global standard," ujar Arief.

Ia pun mendorong Garuda Indonesia untuk terus memperluas jaringan seiring kebijakan bebas visa terhadap berbagai negara dalam rangka meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia. (*)

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Jadwal Piala AFF U-18, Timnas Indonesia Vs Filipina
Artikel Selanjutnya
Klasemen Piala AFF U-18: Timnas Indonesia U-19 di Bawah Brunei