Sukses

Cara Meningkatkan Kadar Kolagen Alami agar Wajah Selalu Awet Muda

Ingin kulit awet muda? Intip tips berikut agar kadar kolagen pada kulit wajah meningkat.

Liputan6.com, Jakarta Kolagen adalah protein yang mampu membantu pertumbuhan kulit dan tulang. Seiring bertambahnya usia, kadar kolagen akan berkurang sehingga menyebabkan kulit keriput, rambut menipis dan tulang keropos. Bagaimana cara mengatasinya? Mengonsumsi vitamin C yang tinggi ternyata mampu meningkatkan kadar kolagen alami dalam kulit tubuh.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar awet muda secara rutin.

1. Banyak makan makanan yang mengandung asam amino, seperti susu, daging, ikan, telur dan seafood. Asam amino tidak bisa diproduksi di dalam tubuh manusia. Untuk itu, konsumsi makanan-makanan tersebut agar tubuh Anda mendapatkan zat amino yang baik bagi kulit dan tulang.

2. Produksi Kolagen juga bisa dirangsang dengan berbagai makanan yang mengandung vitamin A, vitamin C, zat tembaga dan prolin. Zat tersebut bisa ditemukan pada sayur-sayuran, kacang-kacangan, kerang tanpa merkuri, air mineral dan keju.

3. Makanan adalah sumber alami peningkat kolagen. Jika Anda ingin hasil yang lebih instan, maka kini sudah banyak suntik kolagen. Suntikan tersebut berasal dari sel-sel manusia atau sapi, lalu disuntikkan ke tubuh Anda untuk meningkatkan kolagen.

4. Selain suntikan, Anda juga bisa mencoba krim kolagen. Berbeda dengan suntikan, krim collagen hanya mampu bekerja di atas permukaan kulit untuk menjaga kelenturan dan hidrasi kulit.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hal yang dapat mengurangi produksi kolagen

Banyak makan makanan yang bernutrisi saja tidak cukup, Anda juga harus menghindari berbagai hal yang mampu mengurangi produksi kolagen. Apa saja?

1. Sinar UV Matahari

Paparan sinar matahari memang sangat berbahaya bagi manusia. Apalagi jika terpapar terlalu lama. Kandungan pada sinar UV mampu merusak kolagen dan serat pada jaringan kulit. Protein elastin yang memberikan elastisitas pada kulit juga mampu terpengaruh pada sinar UV. Paparan sinar tersebut mampu memecah pertumbuhan elastin yang akhirnya berdampak pada pertumbuhan kolagen.

2. Merokok

Rokok mengandung berbagai bahan kimia yang berbahaya dan mampu merusak kolagen dan elastin. Zat nikotin mampu mengurangi aliran oksigen yang mampu membahayakan kulit.

3. Makanan dengan Kandungan Gula Tinggi

Makanan yang manis memang enak, tapi mampu merusak protein lain dalam tubuh. Gula dalam darah akan menempel pada protein dan membentuk molekul baru yang merusak protein.

4. Ekspresi Wajah

Ekspresi wajah bisa mempengaruhi kondisi kulitmu. Ekspresi wajah yang berubah seperti tertawa, cemberut hingga menyipitkan wajah mampu membuat kolagen stres dan memunculkan garis-garis halus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini