Sukses

Ingin Kulit Tubuh Lebih Sehat dan Terawat? Konsumsi 7 Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta Anda yang bekerja di luar ruangan, tentunya sering terkena polusi, asap, dan kotoran. Tidak diragukan lagi, hal yang paling berpengaruh dari polusi adalah kulit tubuh. Beragam produk pembersih wajah dan scrub kerap digunakan untuk menghilangkan kotoran. Namun, kita lupa bahwa terdapat beberapa bahan kimia berbahaya, yang dapat mempengaruhi kondisi kulit kita dalam jangka panjang. Solusi terbaik untuk memiliki kulit yang sehat adalah dengan menggunakan metode alami seperti makan sehat.

Berikut daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi, agar kulit tubuh lebih sehat dan tidak mudah iritasi, dilansir dari Thisinsider.com, Rabu (11/10/2017).

1. Buah

Ilustrasi Buah Lemon (iStockphoto)

Mengkonsumsi buah-buahan merupakan salah satu obat terbaik, untuk mendapatkan kulit yang kencang dan sehat. Salah satunya buah jeruk dan lemon yang sangat baik untuk peremajaan kulit. Tak hanya itu buah alpukat juga memiliki banyak lemak sehat, dan memiliki senyawa yang melindungi kulit untuk kerusakan akibat paparan sinar matahari. Perlu diketahui kulit membutuhkan beberapa lemak alami, untuk menjaga kulit tetap lentur dan lembap. 

2. Kacang-kacangan

Secara umum, kacang-kacangan dan biji-bijian merupakan sumber nutrisi yang penting bagi kesehatan kulit. Biji bunga matahari atau kuaci adalah contoh yang sangat baik untuk dikonsumsi. Mereka juga mengandung asam linoleat, sejenis lemak yang bisa mencegah kulit kering dan kusam. Walnut atau kenari, merupakan sumber asam lemak esensial yang baik, yaitu lemak yang tidak dapat dibuat tubuh Anda sendiri. Kenari mengandung sumber lemak esensial, seng, vitamin E, vitamin C, selenium dan protein penting. Semua kandungan yang terdapat dalam kenari, merupakan nutrisi yang dibutuhkan kulit agar tetap sehat.

3. Sayur

Bagi Anda yang tidak menyukai sayuran, kemungkinan besar kulit Anda tampak kering dan terlihat kusam. Dengan mengkonsumsi sayur secara rutin, dapat menjadikan kulit putih, kenyal, dan tentunya lebih sehat. Bayam dan selada merupakan sumber utama vitamin dan mineral, yang menjaga kesehatan kulit dan bercahaya. Brokoli juga sangat penting untuk kulit karena mengandung sulforaphane, yang dapat membantu mencegah kanker kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

 

 

1 dari 2 halaman

4. Tomat

Terdapat banyak sumber vitamin C yang baik, kandungan karotenoid dan lycopene di dalam tomat dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan dapat membantu mencegah kerutan. Segala jenis olahan tomat dapat Anda kreasikan sendiri, sesuai dengan selera Anda. Namun, untuk semua kandungan dapat menyerap dengan sempurna, pastikan memasaknya dengan minyak zaitun. 

5. Cokelat Asli

Pada umumnya, semua orang menyukai makanan yang satu ini. Rasanya yang tidak terlalu manis, dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Terdapat antioksidan yang mendorong memperbaiki keriput, ketebalan kulit, hidrasi, aliran darah dan tekstur kulit. 

6. Telur

Ilustrasi Telur (iStock)

Telur menawarkan dosis protein yang besar tanpa banyak lemak, dan kulit  Anda butuhkan hal tersebut. Lebih banyak protein dan lemak yang seimbang, dapat membuat kulit Anda bebas dari keriput dan memberikan nutrisi yang cukup. Namun, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi telur setiap hari dengan porsi yang banyak, konsumsi dengan porsi yang cukup dan kenyang. 

7. Air

Seperti yang Anda ketahui, tubuh membutuhkan minimal 8 gelas air putih setiap harinya. Percaya atau tidak, cara termudah dan paling jelas menjaga kesehatan kulit Anda adalah dengan minum banyak air. Air putih membantu dalam membersihkan pori-pori, dan menjaga kulit Anda tetap muda dan terhidrasi.

Fellisia

Artikel Selanjutnya
Mengejutkan, Sayur dan Buah Ini Bisa Dimakan Secara Utuh
Artikel Selanjutnya
3 Bahaya Konsumsi Gula terhadap Kulit Anda