Sukses

Diet dengan Cara Minum Kopi? Ini Penjelasannya

Liputan6.com, Yogyakarta Bagas Wisnu, barista dari Nyonthong Cafee Yogyakarta ini mengatakan kopi tidak hanya minuman biasa. Menurutnya kopi juga bisa menjadi alternatif untuk menurunkan berat badan.

"Pasti pada gak percaya kan kopi yang mengandung cafein bisa untuk diet," katanya, Selasa (10/10/2017).

Pasti banyak yang tidak percaya bahwa kopi bisa menurunkan berat badan. Bagas sudah membuktikan sendiri, Ia berhasil menurunkan berat badannya sampai 15 kg dari berat awal 85 kg selama empat hingga lima bulan.

"Dulu saya gendut lho, malu kalo difoto. Ini celana saya kedodoran saya pakai. Soalnya saat beli masih dengan bobot tubuh 85 kilogram," katanya.

Bagas mengatakan kopi dengan takaran kopi tertentu bisa menurunkan berat badan. Jadi saat kopi diminum maka kafein dalam kopi tersebut mampu mendektoksifikasi garam yang ada di dalam tubuh. Sehingga, racun-racun dalam tubuh akan keluar.

"Jenis kopinya bisa arabika atau robusta. Tapi untuk takaran rahasia ya," ujarnya.

Ilustrasi Foto Biji Kopi (iStockphoto)

Jika menggunakan kopi untuk diet, Bagas menjelaskan harus sesuai jam tertentu dan hindari minum kopi pada pukul 06.30 WIB hingga pukul 10.00 WIB, pukul 11.30 WIB hingga pukul 12.00 WIB, dan pukul 18.30 WIB hingga pukul 19.00 WIB.

"Kalau minum kopi pada jam tersebut maka mengganggu proses metabolisme tubuh yang sedang mengeluarkan racun," ungkapnya.

Di bulan pertama diet masih dalam tahap detok garam yang ada di dalam tubuh. Sehingga belum terlihat hasilnya, namun setelah bulan ke dua hingga ke empat tubuh baru akan terlihat lebih langsing.

"Tapi bisa saja dalam satu bulan terlihat penurunan berat tubuh namun dengan syarat sedikit mengkonsumsi garam. Garam ini sebagai pengikat sehingga bisa membuat tubuh gumuk dan menjadi sarang penyakit," katanya.

Bagas mengaku selain mengurangi makanan yang banyak mengandung garam, maka pola makan harus dijaga. Setidaknya mengurangi karbohidrat saat akan tidur yang bisa diganti dengan buah-buahan.

Untuk diet kopi ini harganya bervariasi, mulai Rp 600 ribu perpaket. 

Artikel Selanjutnya
Cara Benar Seduh Teh untuk Dapatkan Manfaat Terbaik
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Kecil yang Bantu Bikin Tubuh Langsing