Sukses

Pulau Terlarang di New York City

Liputan6.com, Jakarta  

Wilayah kota New York terdiri dari beberapa bagian pulau. Di antara beberapa pulau tersebut, ada satu yang “terlarang”. Namanya adalah North Brother Island yang terletak kurang dari satu mil dari area mewah Manhattan.

Melansir halaman Business Insider pada Rabu (11/10/2017), Pulau ini sudah tak lagi menjadi pemukiman penduduk sejak 55 tahun lalu. North Brother Island pertama kali dihuni pada tahun 1885. Sejarah pulau ini diisi dengan penyakit dan kematian. Tak lama setelah dihuni hingga tahun 1943, pulau itu dijadikan tempat karantina bagi orang-orang yang terinfeksi penyakit berbahaya.

Berbagai musibah juga terjadi di pulau ini. Pada tahun 1904, sebuah kapal uap bernama General Slocum terbakar dan tenggelam di perairannya. Sebanyak 1021 mayat tersapu ke bibir pantai beberapa hari kemudian. Hanya 321 orang yang selamat. Upaya untuk memanfaatkan pulau sebagai pusat rehabilitasi bagi remaja bermasalah dilakukan pada tahun 1952. Sayangnya program itu tak berjalan lancar.

Pulau itu akhirnya ditinggalkan penghuni dan terlantar sejak tahun 1963. Kini jika Anda berhasil memasuki pulau itu, Anda akan menemukan bangunan-bangunan tua yang terbengkalai dan tertutup pepohonan. Jalanannya pun hampir tak terdeteksi karena terhalang tanaman-tanaman liar. Namun tak ada yang boleh ke pulau tersebut tanpa mengantongi izin resmi dari departemen terkait.

North Brother Island

Apa yang sesungguhnya kini berada di North Brother Island? Hanya orang yang diizinkan oleh New York City Department of Parks and Recreation yang dapat menginjakkan kakinya ke North Brother Island. Ternyata setelah lama tak dihuni, pulau itu dialihfungsikan dan dikelola oleh departemen tersebut sebagai tempat penangkaran burung. Salah satu cara tercepat untuk pergi ke sana adalah dengan menggunakan kapal dari Barretto Point Park yang berlokasi di South Bronks. Pulau ini dijaga oleh kepolisian agar tak ada yang sembunyi-sembunyi untuk memasukinya.

Bio In God Bless