Sukses

5 Tips Sukses Meniti Karier di Bidang Penjualan

Liputan6.com, Jakarta Jika semua bentuk bisnis dirangkum dalam satu kata, maka kata itu adalah “Penjualan”. Oleh karenanya, semua bisnis pasti membutuhkan tenaga penjualan atau sales. Anda yang bekerja dan meniti karier di divisi sales adalah salah satu bagian yang terpenting bagi perusahaan.

Tantangan untuk menjadi seorang sales memang cukup berat. Namun jika Anda berhasil mengesankan perusahaan dengan hasil yang melampaui target, bukan hanya bonus yang menanti tapi juga kesempatan dipromosikan untuk menjadi senior sales-person, sales manager, atau sales director.

Melansir halaman Fox Business pada Rabu (11/10/17), berikut ini adalah 5 tips meniti karier yang sukses di bidang sales.

Komunikasi

Menjadi sales yang handal berarti memiliki kemampuan untuk berelasi dengan klien ataupun calon klien. Untuk itulah seorang sales perlu terus meningkatkan kemampuan komunikasi. Di tengah arus perkembangan era digital, Anda juga perlu menguasai teknik-teknik komunikasi digital yang efisien dan efektif. Di atas segalanya, Anda perlu tahu batas antara persuasif dan memaksa.

Pengelolaan waktu

Sebagai seorang sales, waktu kerja Anda adalah “segalanya”. Jika Anda tidak dapat mengelola waktu dengan efisien, efektifitas performa Anda pun akan terpengaruh. Kenali dengan baik apa saja yang umumnya Anda perlu lakukan setiap hari. Dengan cara ini, Anda bisa lebih mudah menentukan prioritas serta alokasi watu bagi masing-masing jenis tugas.

Pendengar yang baik

Dalam menjalani karier di bidang sales, Anda mungkin sudah sangat terlatih untuk berbicara mempromosikan produk perusahaan. Akan tetapi, pernahkah Anda mencoba untuk mendengar apa yang sesungguhnya konsumen ingin tahu dari produk tersebut? Dengan mendengar konsumen, upaya Anda mempromosikan produk akan lebih terarah. Masukan-masukan yang didapat bisa Anda sampaikan pada bagian-bagian terkait di perusahaan, dan Anda bisa mendapat nilai plus atas masukan tersebut.

Kesabaran

Perlu kesabaran untuk bisa menjaring konsumen dan membangun database klien loyal. Pada saat mempromosikan produk, kesabaran berguna agar Anda tidak tergesa-gesa atau terkesan memaksa konsumen sehingga mereka justru menjauh. Untuk tujuan jangka panjang, kesabaran sangat penting agar Anda tak mudah putus asa dalam meniti karier.

Keuangan

Pendapatan seorang sales umumnya fluktuatif bergantung pada performa pencapaian target. Oleh karena itu, Anda perlu memiliki kemampuan beradaptasi dalam pengaturan pemenuhan kebutuhan, sesuai dengan jumlah pemasukan yang diterima. Jika kali ini Anda mendapat jumlah pendapatan besar, ada baiknya ditabung sebagian agar tak kelabakan saat pendapatan menurun karena performa yang sedang tak bagus.

Bio In God Bless

 

Artikel Selanjutnya
Ini Dia 5 Anak Bintang Bollywood yang Raih Sukses Besar
Artikel Selanjutnya
Manggung di Tomorrowland, Ini Cerita Kesuksesan Angger Dimas