Sukses

Menyedihkan, Permukaan Bumi Makin Berubah dari Waktu ke Waktu

Liputan6.com, Jakarta Pemanasan global membuat iklim dunia berubah secara drastis. Perubahan tersebut membawa dampak nyata bagi bumi tempat manusia berpijak. Beragam dampak nyata mulai dirasakan, mulai dari mencairnya bongkahan es di kutub, mengeringnya air permukaan dan membuat pasokan air di darat menjadi langka, hingga perubahan iklim secara cepat dan tidak dapat diprediksi.

Badan Antariksa Dunia (NASA) dalam salah satu proyek foto bahkan menunjukkan bukti nyata adanya perubahan bumi di masa lalu dan sekarang. Pada dua foto yang dibandingkan terlihat jelas bagaimana perubahan permukaan bumi. Dua foto yang dibandingkan tersebut mempunyai rentang waktu antara 5 sampai 100 tahun ke belakang. Hasilnya? Mencengangkan. Banyak dari permukaan bumi yang berubah.

Gletser Pedersian misalnya. Berlokasi di Kenai Fjords National Park, Alaska, Amerika Serikat, Pedersian sejak lama menjadi laguna tempat berlindung beragam satwa langka. Memiliki luas mencapai 1.700 hektare, pada 1980-an, gletser ini menjadi tempat menawan yang semua bagiannya tertutup salju. Namun foto dokumentasi NASA pada musim panas 2015 menunjukkan hal yang berbeda, hamparan gletser berubah menjadi padang rumput, hanya sedikit titik yang masih tertutup salju.

Hal serupa juga terjadi pada Laut Aral yang ada di Asia bagian tengah. Laut Aral berubah menjadi danau pada 1986. Pada 2003, danau ini terbagi menjadi dua cekungan, yang disebut laut barat dan laut timur, keduanya dihubungkan oleh saluran sempit yang ada di permukaan. Seiring berjalannya waktu, foto NASA yang diambil Agustus 2014 menunjukkan hal yang mengerikan. Laut ini makin kering sehingga saat dilihat dari atas seperti cekungan daratan yang sangat luas.

Bukan hanya gletser dan laut, pemenasan global juga membawa dampak bagi gunung. Gunung Matterhorn yang berada di pegunungan Alpine misalnya, gunung ini menjadi salah satu gunung yang mendapatkan dampak paling parah atas perubahan iklim yang sangat cepat di bumi. Dua foto NASA pada 2001 dan 2006 menunjukkan penampakan gunung yang berbeda. Hanya dalam kurun waktu 5 tahun, gunung yang tadinya tertutupi es, lambat laut mulai mencair dan menampakan wujud aslinya.

Tak hanya itu, perubahan iklim dan ulah tangan manusia juga berimbas pada keberlangsungan hutan hijau. Hutan Rondonia di Brasil salah satunya, hutan yang tadinya hijau, kini menjadi botak dan bahkan tidak terlihat seperti layaknya hutan dari atas. Foto NASA mengungkap dua perbedaan yang sangat menyedihkan tentang kondisi hutan Rondonia. Dua foto tersebut diambil dalam rentang waktu antara 1975 hingga 2009.

Berikut foto-foto perubahan muka bumi yang diakibatkan ulah tangan manusia dan perubahan iklim global, seperti yang dikutip dari brightside.me, Selasa (10/10/2017).

 

1 dari 2 halaman

Permukaan Bumi Makin Berubah dari Waktu ke Waktu

Artikel Selanjutnya
Manfaat Panas Bumi untuk Mengatur Suhu Ruangan
Artikel Selanjutnya
Di Sini Lokasi Kuburan Satelit Uzur dan Tak Layak Digunakan