Sukses

Tak Disangka, Kegiatan Sederhana Ini Membuat Anda Umur Panjang

Aktivitas fisik yang sederhana ternyata cukup ampuh untuk melindungi tubuh dari penyakit dan membuat seseorang umur panjang.

Liputan6.com, Jakarta Ingin umur panjang? Ya, setiap orang pasti menginginkannya. Tidak hanya ditunjang oleh asupan gizi yang sempurna, memiliki umur panjang juga sering dikaitkan dengan kebiasaan berolahraga. Dilansir dari Star2, Rabu (11/10/2017), sebuah jurnal yang di terbitkan The Lancet menyebutkan, salah satu dari penyebab kematian global dapat dicegah dengan kegiatan sederhana.

Melalui kegiatan fisik yang dilakukan minimal selama 30 menit sehari, tubuh akan terasa bugar. Cocok untuk Anda yang memiliki, aktivitas sibuk dan kerap melupakan olahraga.

Meski Organisasi Kesehatan Dunia merekomendasikan setidaknya setiap orang harus melakukan 150 menit aktivitas olahraga per minggu, nyatanya hampir seperempat populasi dunia tidak memenuhi persyaratan ini. Lalu seperti apa solusinya?

Dari studi yang dikembangkan selama tujuh tahun, terhadap penduduk yang berusia 35 sampai dengan 70 tahun dari berbagai kalangan dan status sosial dapat disimpulkan bahwa aktivitas fisik yang sederhana ternyata cukup ampuh untuk melindungi tubuh dari penyakit dan membuat seseorang umur panjang.

Aktivitas fisik yang dilakukan adalah berjalan kaki dan melakukan pekerjaan rumah tangga seperti menyapu, mengepel, mencuci, memasak dan kegiatan rumah tangga lainnya. Dari keseluruhan penelitian tersebut disimpulkan, semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan oleh seseorang, maka akan semakin menurunkan risiko penyakit kardiovaskular dan membuat tubuh bugar.

(Latifah Gusri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.