Sukses

Ungkap Rahasia Kunyit untuk Keajaiban Kulit Wajah Anda

Liputan6.com, Jakarta Perawatan kulit wajah terkadang berasal dari dapur Anda, seperti kunyit misalnya, membuat Anda tidak perlu menghabiskan banyak biaya dan waktu untuk bahan atau produk kimia tertentu. Mungkin Anda pernah mendengar hal ini sebelumnya, kunyit memiliki kemampuan untuk menghilangkan noda bekas jerawat dan mencerahkan kulit.

Dilansir dari byrdie.com, Selasa (11/10/2017), kunyit memang dikenal sebagai bahan dapur yang memiliki beberapa keajaiban, seperti meningkatkan produksi kolagen, menyembuhkan luka, dan meningkatkan fibrolas. Selain itu, kunyit juga kekuatan untuk melindungi Anda dari penyakit kanker kulit, skleroderma, dan psoriasis.

Bubuk kunyit juga memiliki khasiat antiinflamasi dan antioksidan yang sangat ampuh melawan artritis, penyakit jantung, dan Alzheimer. Tidak berhenti di situ, kunyit bahkan bisa membantu Anda mengatasi stretch mark, keriput, kulit kering, dan ketombe.

Perawatan kulit wajah dari kunyit pun bisa Anda buat dan lakukan sendiri di rumah. Sebelumnya, berikut ini adalah serba serbi tentang kunyit yang harus Anda ketahui.

Dari mana kunyit berasal?

Kunyit sebenarnya adalah akar berwarna kuning-oranye yang tumbuh di seluruh India dan sebagian Asia, serta Amerika Tengah. Ada beberapa jenis akar kunyit. Namun yang paling umum adalah Curcuma Ionga yang berfungsi untuk memasak dan Curcuma Aromatik atau kunyit liar yang banyak digunakan untuk kulit.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

1 dari 2 halaman

Kandungan dan cara membuat masker kunyit di rumah

Apa kandungan dari kunyit yang membuatnya sangat bermanfaat?

Bahan aktif dalam kunyit yang disebut curcuminoids dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mencerna lemak, mengurangi gas, dan kembung. Bahan ini juga dapat bekerja untuk mengobati kondisi kulit, seperti psoriasis, jerawat, dan eksim.

Kunyit dikemas dengan antioksidan yang juga merupakan anti penuaan yang hebat, mampu melawan radikal bebas, menghambat peroksidasi, dan mengurangi kompleks zat besi. Sebuah penelitian di tahun 2009 melaporkan bahwa kunyit dapat mencegah pembentukan kulit keriput dan melanin.

Jika Anda mengunyah satu ons kunyit, ini sama saja memberikan tubuh 26% kebutuhan pangan sehari-hari dan 16% zat besi yang dibutuhkan. Sama halnya dengan beberapa sumber vitamin yang dibutuhkan, seperti vitamin C, potassium, vitamin B6, magnesium, dan serat.

Resep dari kunyit yang bisa Anda buat?

1 sendok makan madu, 1 sendok teh kunyit, dan 4 sampai 5 tetes perasan lemon. Campurkan semuanya hingga berbentuk pasta, oleskan di wajah, diamkan 10 sampai 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat, dan ulangi dua kali dalam seminggu selama 3 minggu untuk hasil kulit wajah terbaik.

Artikel Selanjutnya
5 Rahasia Tampil Cantik Walau Tanpa Makeup
Artikel Selanjutnya
Trik Makeup untuk Tampilan Lebih Muda