Sukses

Perjuangan Irwan, Adi, dan Marlene Jadi Makeup Artist 3 Generasi

Liputan6.com, Jakarta Siapa bilang menjadi seorang makeup artist itu mudah? Ya, semua orang senang berdandan, melihat wajahnya sempurna, namun bagaimana sosok makeup artist yang ada di balik itu semua?

Teknologi yang telah begitu maju, memungkinkan masyarakat untuk mendapatkan informasi dengan lebih mudah, termasuk tren kecantikan yang sedang merajai di Indonesia. Hanya melalui media sosial, Anda bisa mendapatkan tutorial makeup untuk mendapatkan tampilan wajah tertentu.

Inilah yang kemudian menginspirasi beberapa makeup artist ternama di Indonesia untuk berkolaborasi dan menghasilkan sebuah buku berjudul Face On Point. Adalah Irwan Riady, Adi Adrian, dan Marlene Hariman yang telah malang melintang di dunia kecantikan sejak lama.

Irwan Riady menemukan kecintaannya terhadap makeup sejak dirinya masih kecil. Sang ayah yang merupakan tentara adalah pendukung utamanya, di mana sang ibu justru melarang dirinya bermain makeup, karena saat itu, pria yang bermain dengan kosmetik masih dianggap tabu.

Sempat bekerja sebagai public relation selama tiga tahun, Irwan tetap tidak bisa menghilangkan nalurinya untuk makeup. Karya Irwan mulai dikenal sejak ia konsisten menjadi makeup artist dari penyanyi 90-an dan grup Warna.

Irwan Riady sempat memenangkan penghargaan Best Makeup & Special Effect, ajang MTV Video Music Awards 2000 untuk artsy makeup-nya pada video music Ahmad Dhani featuring Andra Ramadhan dalam album Kuldesak. Tidak berhenti di situ, tahun lalu, Irwan juga mendapatkan penghargaan Wedding MUA of The Year 2016 dari Beauty Voyage sebagai seorang makeup artist.

 

 

1 dari 3 halaman

Perjuangan Adi Adrian

Setelah Irwan Riady, ada Adi Adrian. Adi memulai kariernya sebagai wedding makeup artist di Bali.

Latar belakang pendidikannya yang psikologi justru memperkuat sisi autentik dari setiap wanita yang ia dandani. Tidak hanya itu, ketertarikan Adi akan dunia fashion juga menjadikannya official makeup artist untuk berbagai international brand, seperti Shu Uemura, Revlon, Yves Saint Laurent, dan L'Oreal Paris.

Walau terhitung junior dari Irwan Riady, Adi Adrian juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai Makeup Artist of The Year di tahun 2017 dari Beauty Fest Asia 2017. Diakui Adi, sosok Agnes Monica telah menjadi wajah yang didandaninya sejak remaja.

2 dari 3 halaman

Perjuangan Marlene Hariman

Sedangkan Marlene Hariman adalah sosok makeup artist dari generasi terakhir pada buku Face On Point. Ia mengakui bahwa sang nenek lah sosok yang mendorong Marlene untuk terjun ke dunia kecantikan.

Marlene sempat menekuni sekolah di Puspita Martha International Beauty London School yang kemudian membawanya hingga karier saat ini. Di tahun 2010, Marlene berkenalan dengan Raisa, saat penyanyi solo tersebut baru merintis kariernya.

Dengan dikenalnya Raisa, nama Marlene Hariman pun mulai banyak dibicarakan. Gaya makeupnya yang girly, dolled eyes, dan romantis berhasil menyabet beberapa penghargaan, seperti Woman of The Year dari Detik.com, Makeup Artist 2016 oleh Beauty Voyage, MUA of The Year 2016 dari Insert, dan MUA of The Year 2017 oleh Beauty Fest.

Makeup artist bukan sebuah pekerjaan yang mudah, setidaknya Anda harus menggabungkan dua hal kedalamnya, bakat dan pembelajaran. Apakah Anda ingin menjadi seorang makeup artist?

Artikel Selanjutnya
12 Band Kolaborasi di Album Urban GiGs X Unreleased Project
Artikel Selanjutnya
Proyek Bersama Andin Komalla dan Surya Sahetapy, Anak Dewi Yull