Sukses

Tips Menjaga Kulit Tetap Cerah Meski Terpapar Polusi Seharian

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang tinggal atau bekerja di kota besar, seperti Jakarta, Bandung, atau Surabaya, pasti sudah sangat familiar dengan yang namanya polusi. Ketika berangkat dan pulang kerja atau saat berjalan-jalan di tempat terbuka, Anda tak mungkin mengelak dari paparan polusi. Bahkan, saat di mobil sekali pun, Anda akan tetap terkena polusi.

Tak hanya berdampak buruk bagi kesehatan paru-paru, ternyata polusi juga berbahaya bagi kulit, lho. Sebuah studi menyebutkan, polusi udara dapat menyebabkan kerusakan radikal bebas, sehingga membut serat kolagen di kulit rusak. Akibatnya, kulit jadi cepat menua, keriput, dan timbul bintik hitam.

Selain itu, polusi juga dapat merusak lapisan pelindung kulit paling luar, sehingga kulit menjadi kering, merah, dan iritasi. Musuh utama perempuan, yaitu jerawat, juga akan semakin banyak muncul jika kulit tidak terlindung dari polusi.

"Polusi udara menjadi salah satu zat paling beracun untuk kulit. Impian untuk memiliki kulit yang sehat dan cantik pun akan sirna jika orang yang tinggal atau bekerja di daerah rawan polusi tidak melindungi kulitnya sejak dini. Jika orang tidak melindungi kulitnya dengan baik, mereka akan mengenakan polusi di wajahnya selama 10 tahun ke depan," ujar Dr. Mervyn Patterson, ahli kosmetik dari Woodford Medical Clinic, dilansir dari refinery29.com, Selasa (21/2/2017).

Lalu, apa yang harus dilakukan untuk melindungi kulit dari polusi?

Jangan malas membersihkan diri

Ketika sudah lelah setelah pergi seharian, terkadang rasanya malas jika harus mandi atau cuci muka dulu sebelum tidur. Padahal, bila Anda tidak membersihkan diri sebelum tidur, berarti sisa polusi akan terus menempel di kulit Anda hingga keesokan harinya, sehingga kulit akan menjadi lebih cepat rusak.

Karena itu, membersihkan diri sebelum tidur menjadi wajib hukumnya. Menurut para ahli kesehatan, membersihkan muka, leher, dan seluruh bagian tubuh dapat menghilangkan debu dan racun yang berasal dari lingkungan.

Konsumsi makanan sehat

Tak hanya melakukan pencegahan dari luar, melakukan proteksi dari dalam juga tak kalah penting. Makanan yang Anda konsumsi bisa berpengaruh terhadap kesehatan kulit juga. Makanan dengan kandungan anti-oksidan tinggi dapat mencegah serat kolagen di kulit menipis akibat polusi.

"Pilih makanan seperti jeruk, goji beri, aprikot, dan bayam. Vitamin dan mineral yang terkandung dalam buah dan sayur ini dapat menciptakan lapisan yang melindungi kulit dan mencegah kerusakan radikal bebas," ucap ahli kesehatan kulit, Dr. Howard Murad.

Gunakan pelembap

Menggunakan produk yang dapat melindungi dan menutrisi kulit sangat bermanfaat untuk memberikan lapisan pelindung yang mampu mencegah racun memasuki kulit. Penelitian menyebutkan, masyarakat yang tinggal di daerah berpolusi tinggi umumnya memiliki kulit dengan tingkat kelembapan yang sangat rendah. Karena itu, mereka perlu dibantu dengan produk pelembab kulit.

Sebagai penduduk dari salah satu negara dengan tingkat polusi yang tinggi, maka masyarakat Indonesia juga perlu menggunakan pelembap. Salah satu produk pelembap yang bisa digunakan orang Indonesia adalah Wardah White Secret Pure Treatment Essence.Wardah White Secret Pure Treatment Essence"Wardah White Secret Pure Treatment Essence adalah hasil inovasi terbaru dari Wardah Skin Innovation, yang ditujukan untuk membantu mencerahkan kulit wajah yang memudar akibat terpapar polusi dan cuaca. Bahan-bahan aktif di Wardah White Secret Pure Treatment Essence juga membantu menghidrasi kulit wajah agar terjaga kelembapannya sehingga siap menerima nutrisi dari perawatan kulit selanjutnya,” kata Brand Manager Wardah, Rifina Afandi.

Produk yang menjadi bagian dari rangkaian Wardah White Secret Series tersebut memiliki kandungan Silver Vine Extract, Niacinamide, dan Skin Awakening System untuk menjaga kulit tetap lembap, terhidrasi, dan terlihat lebih cerah bercahaya.

Wardah White Secret Pure Treatment Essence juga diformulasikan dengan Puressential Skin Solution yang mengandung Edelweiss Extract. Kandungan ini mampu memancarkan cahaya cerah kulit.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, lindungi kulitmu dengan produk kosmetik halal, Wardah White Secret Pure Treatment Essence!

(Adv)

 

Artikel Selanjutnya
Atasi Kulit Berminyak dengan 6 Langkah Praktis
Artikel Selanjutnya
Ramuan Masker Alami Pemutih Wajah