Sukses

Hidup Nyaman di Kota Kecil Saat Pensiun? Ini Alasannya

Liputan6.com, Jakarta Menikmati hari tua di masa pensiun dengan tenang dan bebas dari ketakutan akan masalah finansial pasti jadi impian setiap orang. Apa iya mau terus bekerja sampai fisik tua renta dan sakit-sakitan?

Jangan sampai tidak peduli dengan fase pensiun hanya karena sekarang masih muda dan produktif. Masa itu suatu saat pasti akan datang. Ketimbang kaget dan menyesal di kemudian hari, ayo siapkan dari sekarang.

Tidak hanya soal menyiapkan tabungan, investasi, dan dana pensiun saja. Tapi, coba juga pikirkan soal tempat tinggal yang ideal ketika masa pensiun nanti tiba. Pindah ke kota kecil dan tenang bisa jadi alternatif yang menarik. Berikut ini alasannya menurut DuitPintar.com.

1. Biaya hidup lebih murah

Hidup di kota kecil bisa menghemat pengeluaran atau biaya hidup. Kenapa? Sebab kota kecil atau daerah biasanya memiliki lahan pertanian dan peternakan yang lebih banyak ketimbang kota besar.

Artinya, ongkos logistik untuk pengiriman bahan makanan pun jelas lebih rendah, karena produksinya dilakukan di kota sendiri. Dengan demikian, harga jual bahan pangan pun jadi lebih murah.

Selain soal pangan, gaya hidup di kota kecil biasanya sederhana. Tidak banyak mall, cafe, atau tempat hiburan di sana. Otomatis, pengeluaran untuk hura-hura pun jadi berkurang.

2. Suasana lebih tenang

Kota kecil identik dengan suasana yang lebih tenang, jauh dari keramaian, dan pastinya juga jauh dari stres.

Setelah puluhan tahun bekerja keras dan berkutat dengan rutintas di kota besar, ketenangan adalah hal yang paling dicari. Menghabiskan masa tua dengan suasana yang tidak memicu stres bisa membuat jiwa dan raga jadi lebih sehat dan segar.

3. Bisa usaha kecil-kecilan

Hidup di kota kecil juga membuka peluang bisnis kecil-kecilan untuk pensiunan. Ada baiknya sebelum benar-benar pindah, lakukan survey terlebih dahulu soal usaha apa yang paling cocok dilakukan di sana.

Kalau Anda memiliki kerabat yang tinggal di kota tersebut, Anda bisa minta bantuan dan mencari informasi melalui dirinya. Lumayan kan walau sudah pensiun masih bisa memperoleh penghasilan? Modal kecil, usaha lancar, hati pun tenang.

4. Aktivitas lebih sehat

Dengan jumlah penduduk yang tidak sepadat kota besar, ada lebih banyak ruang untuk beraktivitas di kota kecil atau daerah. Selain itu, udara pasti lebih segar, apalagi yang dekat dengan pegunungan. Masih banyak lahan kosong yang asri dan sejuk di sana.

Kendaraan dan kemacetan pun pasti tidak akan separah kota besar, seperti Jakarta misalnya. Dengan begitu kita pun bisa lebih leluasa berjalan kaki dengan nyaman dan aman. Ini bisa jadi kegiatan untuk mengisi waktu, dan sehat pula.

5. Toleransi lebih tinggi

Jumlah penduduk di kota kecil dan desa pasti jauh lebih sedikit dibandingkan kota-kota besar. Budayanya pun lebih kekeluargaan, sehingga tiap-tiap tetangga dalam satu pemukiman juga sudah pasti saling kenal.

Karena rasa kebersamaan yang kental ini, antara tetangga pun biasanya memiliki hubungan yang lebih erat. Artinya, kepedulian antara sesama juga jadi salah satu elemen penting di sini. Beda dengan gaya di kota besar yang individualis.

 

 

Artikel Selanjutnya
Daftar Negara dengan Penduduk Paling Panjang Umur, Ada Indonesia?
Artikel Selanjutnya
Tips Memiliki Kualitas Hidup Yang Lebih Baik dan Sukses