Sukses

Tips Seru Liburan Naik Kereta Api Bersama Anak

Liputan6.com, Jakarta Liburan sekolah pada akhir tahun nanti bisa menjadi momen yang tepat untuk mengajak anak jalan-jalan ke luar kota. Untuk menambah pengalaman anak, coba rencanakan liburan yang berbeda dari biasanya, baik dari segi destinasi yang dipilih maupun jenis transportasi yang Anda gunakan. Kalau selama ini keluarga Anda biasa berlibur menggunakan pesawat atau mobil, tak ada salahnya kali ini memilih destinasi yang bisa dicapai menggunakan kereta api.

Selama perjalanan, Anda akan melewati kota-kota dan disuguhi pemandangan indah, sebuah pengalaman yang bisa menjadi kesempatan untuk mengajarkan anak mengenai alam, daerah, dan budaya atau warisan nusantara.

Apa saja yang perlu disiapkan untuk perjalanan berkereta dengan anak? Pastikan si kecil menikmati pengalaman seru dengan beberapa tips ini:

Siapkan hiburan

Bawa alat permainan yang disukai anak dan bisa dimainkan oleh seluruh anggota keluarga, seperti kartu, monopoli, atau ular tangga. Permainan seperti ini akan sangat berguna ketika Anda sekeluarga mulai merasa "mati gaya" di kereta.  Selain itu, bawa juga buku favorit anak atau alat pemutar musik untuk membantu mereka mengusir rasa bosan.

Walaupun begitu, butuh diingat bahwa kereta api merupakan alat transportasi umum. Jadi, pastikan Anda tidak membawa alat permainan yang dapat mengganggu penumpang lain. Jika ingin mendengarkan musik, berikan headset untuk si kecil dan juga jangan tertawa terlalu keras atau mengeluarkan suara terlalu kencang saat asyik bermain.

Bawa bekal makanan

Anak bisa sewaktu-waktu merasa lapar. Walau di dalam kereta api dijual makanan dan snack, Anda akan lebih irit pengeluaran kalau sudah menyiapkan bekal makanan dari rumah. Dengan membawa bekal sendiri, Anda juga bisa memastikan makanan yang dibawa lebih sehat dan disukai anak.

Pastikan makanan yang dibawa tidak mudah tumpah, tidak meninggalkan remah-remah di kursi, dan tidak berbau menyengat. Beberapa makanan yang aman dibawa antara lain roti atau sandwich, buah-buahan, dan biskuit.

Bawa bantal dan selimut

Umumnya perjalanan kereta api dilakukan pada malam hari memakan waktu cukup lama, sehingga mau tak mau Anda sekeluarga harus menginap di kereta. Agar anak merasa nyaman dan bisa tidur nyenyak, sebaiknya Anda membawa bantal dan selimut kesayangan anak dari rumah. Bawa saja bantal dan selimut yang tidak terlalu besar agar mudah dibawa.

Pesan tiket dari jauh-jauh hari

Untuk perjalanan dengan kereta api, tak jarang sebelumnya orang memesan tiket dari jauh hari. Keuntungannya adalah Anda bisa memilih letak kursi sesuai dengan keinginan, sehingga keluarga pun bisa dipastikan mendapatkan bangku yang berdekatan dan tidak terpisah-pisah.

Untuk liburan akhir tahun, tiket perjalanan kereta api jarak jauh pun sudah bisa dipesan dari sekarang. Salah satunya melalui situs pemesanan tiket kereta api online Traveloka. Melalui Traveloka, Anda bisa mencari jadwal kereta api hingga 90 hari atau sekitar 3 bulan ke depan serta memilih kelas ekonomi, bisnis, atau eksekutif langsung dari situs maupun aplikasi Traveloka.

Keamanan membeli tiket kereta api di Traveloka juga sangat terjamin. Sistem pemesanan tiketnya terkoneksi dengan PT KAI, sehingga tak perlu khawatir kalau kursi Anda yang sudah dipesan akan dibeli orang lain. Boarding pass Anda juga akan dikeluarkan secara resmi oleh PT KAI.

Jadi, tunggu apa lagi? Ayo segera rencanakan liburan seru seru Anda bersama keluarga dan pesan tiketnya melalui Traveloka!(Adv)

 

Artikel Selanjutnya
5 Gaya Libur Panjang Anti Ribet Tanpa Harus ke Luar Kota
Artikel Selanjutnya
7 Tempat Liburan Keluarga Terbaik di Bogor untuk Akhir Pekan Seru