Sukses

Menurut Sains, Tidak Ada Gunanya Menunda Alarm, Mengapa?

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda termasuk ke dalam kelompok orang yang selalu menunda alarm di pagi hari? Menunda alarm seolah telah menjadi bagian dari ritual Anda di pagi hari.

Tahukah Anda bahwa menunda alarm dikategorikan ke dalam kebiasaan tidur yang tidak sehat? Dilansir dari instyle.com dan byrdie.com, Jumat (6/10/2017), sebuah dokumenter berjudul Sleepless in America dari National Geographic berhasil membuktikan hal ini.

Faktanya, ketika mendengar alarm berbunyi, Anda masih ingin terus tidur dan merasa lelah. Namun, ketika Anda menunda alarm untuk melanjutkan tidur, ini tidak akan menjadi tidur yang tenang dan nyaman.

Sebenarnya, menunda alarm hanya membingungkan siklus tidur Anda, membuat tubuh grogi dan lesu, tidak siap untuk menjalani hari yang panjang. Menunda alarm berarti Anda tidak menetapkan satu waktu khususnya untuk bangun di pagi hari, sehingga ini akan membuang jam internal tubuh, yang membuat ritme sirkadian alaminya tidak sinkron.

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah membiasakan diri untuk bangun di waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan. Biasakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, sehingga tubuh akan lebih mudah mengirim sinyal kepada Anda kapan harus tidur dan bangun.

Jika Anda merasa sulit bangun di pagi hari, ini bisa kerena beberapa hal, seperti perilaku, sosial, dan lingkungan. Masih ingin terus menunda alarm di pagi hari?

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Ini 4 Hal yang Terjadi Jika Alien Mendarat ke Bumi?
Artikel Selanjutnya
Bau Mulut dan Keseimbangan Energi, Ini 5 Penyakit Rekaan Populer