Sukses

Apakah Kulit Anda Sehat? Cari Tahu di Sini

Liputan6.com, Jakarta Sebagai salah satu organ terbesar dan terluas di tubuh, tentu saja, semua orang harus menjaga kesehatan kulit masing-masing. Lantas, tahukah Anda mengapa kulit bisa tiba-tiba menjadi sangat kering?

Bagaimana dengan keadaan kulit Anda? Dilansir dari byrdie.com, Senin (8/10/2017), berikut ini adalah beberapa cara mengetahui apakah kulit Anda sehat. Penasaran?

1. Apakah warna kulit Anda sama di semua bagian?

Warna kulit seharusnya konsisten di seluruh tubuh dan wajah. Lingkaran hitam di bawah mata dan beberapa noda adalah tanda bahwa ada sesuatu yang tidak seimbang.

Penyebabnya bisa stres, kecemasan, kelelahan, ketidakseimbangan hormon, atau reaksi alergi terhadap produk makeup. Kulit kekuningan bisa menjadi tanda dari masalah pada kantong empedu, biru menandakan Anda mengonsumsi zat kimia tertentu, atau warna cokelat menandakan masalah pada ginjal.

2. Apakah kulit Anda bercahaya?

Warna kulit yang sehat tentu akan memancarkan cahaya alami. Jika kulit terlihat kusam atau pucat, ini bisa menjadi tanda dari kekurangan zat gizi, seperti anemia atau dehidrasi.

Setelah kulit bersih dari makeup, dengan ibu jari dan telunjuk, cubit lembut pipi Anda. Lakukan lima kali dan jika Anda melihat bekas kemerahan muncul, kulit Anda memiliki sirkulasi darah yang baik dan tepat.

1 dari 2 halaman

Ketahui di sini apakah kulit Anda sudah cukup sehat?

3. Apakah tekstur kulit Anda halus?

Kulit yang sehat tentu akan terasa halus. Jika ada benjolan, retakan, atau alur tertentu, ini mungkin karena jerawat, dehidrasi, reaksi alergi, atau infeksi virus.

Jika teksturnya berubah dari waktu ke waktu, ini mungkin karena bagian dari proses penuaan dan Anda hanya perlu memperbaharui ritual kecantikan. Jangan pernah melewatkan eksfoliasi.

4. Apakah kulit Anda terhidrasi?

Jika kulit terasa kering, ini berarti Anda memerlukan pelembap. Trik lainnya, cobalah menarik wajah dan jika setelahnya, ada garis-garis halus, ini berarti kulit Anda kering.

Perubahan musim dan kesalahan dalam mengaplikasikan produk kecantikan juga bisa menyebabkan kulit kering. Cobalah berinvestasi pada produk yang dapat melembapkan kulit Anda.

5. Apakah kulit Anda iritasi?

Memiliki kulit sehat berarti Anda tidak merasakan apapun. Namun, jika ada rasa kesemutan, menyengat, gatal, atau sakit tertentu, ini bisa karena beberapa penyebab serius.

Jika tiba-tiba Anda melihat ruam di wajah, ini bisa karena rosacea, dermatitis kontak, atau lupus. Jadi, jangan ragu untuk langsung memeriksakannya ke ahli kulit. 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Ditinggal Nikah Mantan, Haruskah Langsung Cari Pengganti?
Artikel Selanjutnya
6 Pertanyaan yang Membuat Hubungan Semakin Romantis