Sukses

Atasi Rambut Beruban dengan 4 Bahan Alami Ini

Liputan6.com, Jakarta Kerap kali wanita maupun pria berusia muda sudah tampak memiliki uban. Banyak hal yang menyebabkan tumbuhnya rambut putih. Di antaranya, stres berlebihan dan salah menggunakan produk rambut. Masalah rambut ini memang lumayan mengganggu dan menimbulkan rasa kurang percaya diri saat berpergian.

Salah satu solusi yang sering dilakukan adalah mengecat rambut. Namun bahan kimia pada cat rambut tidak bagus untuk kesehatan kulit kepala. Untuk itu, lebih baik menggunakan bahan alami seperti empat bahan ini, seperti dilansir dari Naturallivingideas.com, Jumat (6/10/2017).

1. Kulit Kentang

Setelah mengupas kentang, sebaiknya jangan langsung membuangnya. Kulit kentang memiliki manfaat untuk menghitamkan rambut secara alami. Bila menggunakan kulit kentang sebagai perawatan rambut yang rutin, rambut uban Anda akan menghilang. Rebus dua cangkir air dengan satu cangkir kulit kentang setidaknya 25 menit, saring kulitnya dan biarkan air kentang dingin.

Bila Anda tidak menyukai bau kentang, sebaiknya masukkan beberapa tetes minyak esensial pada campuran tersebut. Cuci rambut Anda seperti biasa, lalu tuangkan cairan kulit kentang tersebut dan biarkan selama 5 menit. Tidak lupa untuk pijat dengan perlahan, dan bilas rambut hingga bersih.

2. Kopi

Bila Anda penggemar kopi hitam, jangan membuang ampas kopi setelah menyeruput kopi tersebut. Ampas kopi ternyata dapat bermanfaat untuk mengatasi rambut uban. Campurkan ampas kopi dengan segelas cangkir air dan dua pump kondisioner. Bila Anda merasa bubuk kopi tersebut kurang, dapat Anda tambahkan beberapa sendok lagi. Oleskan campuran tersebut seperti masker rambut, lalu diamkan selama sejam sebelum membilasnya. Meskipun pewarna kopi mungkin halus, Anda dapat mengulangi langkah-langkah ini untuk mencapai warna yang Anda inginkan.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

3. Minyak Kelapa dan Lemon

Minyak kelapa kaya akan mineral dan buah lemon mengandung vitamin C. Kombinasi sempurna ini dapat menyulap rambut uban Anda terlihat lebih gelap. Menggunakannya secara rutin akan mengatasi rambut uban dan menjadi hitam berkilau. Iris lemon menjadi dua bagian dan peras, setelah itu campurkan dengan minyak kelapa yang sesuai kebutuhan, aduk hingga rata. Oleskan campuran tersebut pada rambut sambil dipijat lembut. Biarkan selama 30 menit, lalu bilas hingga bersih dengan air hangat. 

4. Minyak Kemiri

Minyak kemiri telah digunakan terlebih dahulu oleh nenek maupun orangtua kita. Minyak kemiri memang terkenal dengan manfaatnya untuk menghitamkan dan menguatkan rambut. Perawatan dengan minyak ini, tidak menimbulkan efek samping. Terdapat kandungan mineral essens yang berfungsi untuk meningkatkan pigmen rambut. Cukup dioleskan pada rambut, nutrisi pada minyak kemiri akan meresap hingga ke akar kulit kepala. Lakukan ini secara rutin sebelum Anda tidur dan bilas bersih saat mandi pagi. 

Fellisia

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Ingin Mewarnai Rambut? Ini 7 Efek Sampingnya
Artikel Selanjutnya
4 Trik Ampuh Miliki Rambut Tebal