Sukses

6 Bahan Efektif Menghilangkan Bekas Jerawat

Liputan6.com, Jakarta Masalah kulit seperti jerawat, memang sangat menyebalkan dan membuat tidak nyaman. Jerawat atau bekas jerawat yang masih terpampang jelas di wajah kadang membuat kita kurang percaya diri. Berbagai cara mungkin telah Anda lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat, salah satunya dengan mengunjungi dokter kulit.

Namun, semua usaha Anda tidak membuahkan hasil, justru jerawat semakin parah. Daripada menghabiskan banyak uang untuk menggunakan berbagai macam produk, lebih baik gunakan bahan alami ini untuk bekas jerawat Anda, seperti yang dilansir dari Naturallivingideas, Sabtu (7/10/2017).

1. Lidah Buaya

Sudah terbukti manfaat dari lidah buaya untuk menyehatkan kulit. Bekas jerawat yang membandel juga dapat Anda atasi dengan mengoleskan gel lidah buaya. Lidah buaya mengandung zat aloesin yang mampu menghambat pembentukan melanin yang mendorong kulit menjadi gelap.

Potong lidah buaya menjadi beberapa bagian dan kupas kulitnya, ambil gel lidah buaya dan oleskan pada wajah Anda. Haluskan daging lidah buaya dengan garpu, kemudian oleskan kembali pada wajah Anda. Biarkan selama 10-15 menit. Setelah itu bilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat. 

2. Mentimun

Mentimun mengandung vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang bagus untuk kulit wajah Anda. Untuk mengatasi bekas jerawat, potong beberapa irisan tipis dan taruh di atas kulit bekas jerawat Anda. Diamkan sekitar 30 menit, buang irisan mentimun, dan bilas wajah Anda dengan air dingin. Sayuran ini bermanfaat untuk menghidrasi kulit dan populer dalam dunia kecantikan.

3. Lemon

Jus lemon mengandung asam alfa-hidroksi alami (AHA) yang bisa digunakan untuk memudarkan bekas luka. Lemon meningkatkan penyembuhan dan merevitalisasi kulit. Cukup peras jus dari satu lemon organik ke dalam mangkuk kecil. Jika Anda memiliki kulit yang sensitif, bisa menggunakan perawatan ini tanpa diencerkan atau dicampur dengan air.

Oleskan cairan lemon di atas bekas jerawat menggunakan bola kapas dan biarkan sampai benar-benar kering. Kemudian bilas wajah Anda dengan air dingin, dan lengkapi dengan pelembap alami. Ulangi perawatan ini setiap dua atau tiga hari sekali. Ingat bahwa jus lemon, akan membuat kulit lebih sensitif terhadap radiasi UV. Jadi sebaiknya hindari sinar matahari langsung, untuk beberapa saat setelah menggunakan perawatan ini.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

1 dari 2 halaman

4. Kentang

Kentang kaya vitamin dan mineral yang ampuh untuk penyembuhan kulit, dan memudarkan bekar jerawat. Potong sedikit irisan tipis dan tempelkan langsung pada daerah bekas jerawat, biarkan sari kentang meresap ke dalam kulit selma 7-10 menit. Untuk mendapatkan wajah yang cerah dan berseri, Anda bisa melakukan perawatan ini selama 3 kali dalam seminggu. 

5. Scrub Gula

Untuk cara yang lebih mudah untuk menyembuhkan bekas jerawat, buatlah sebuah scrub gula buatan sendiri. Tebu mengandung asam glikolat, asam alfa hidroksi lain yang menghilangkan kulit mati dan meningkatkan regenerasi sel. Cukup campurkan gula tebu organik dengan minyak zaitun murni, dengan rasio dua banding satu. Kemudian tambahkan beberapa tetes jus lemon organik, sampai menyerupai scrub pada umumnya. Oleskan scrub gula ke bekas luka, setiap dua atau tiga kali sehari. Biarkan selama 15 menit, dan dilanjutkan dengan pelembap alami.

6. Baking Soda

Baking soda merupakan bahan rumah tangga, dengan ratusan kegunaan. Termasuk kemampuan untuk menyembuhkan bekas luka, maupun bekas jerawat. Baking soda terdiri dari kristal sodium bicarbonate, yang mampu mengelupas kulit dengan lembut saat digunakan sebagai scrub pembersih.

Campur beberapa sendok teh baking soda dengan air secukupnya, untuk membentuk pasta kental, lalu pijat ke bagian bekas luka ada. Setelah dioleskan, Anda harus meninggalkan campuran tersebut selama 1-2 menit. Hal ini akan memungkinkan baking soda untuk membersihkan pori-pori, dan membantu mencegah noda lebih lanjut. Setelah beberapa menit, cuci muka dengan air suam-suam kuku. Dan oleskan pelembab alami, yang bagus seperti minyak kelapa, atau minyak zaitun.

Fellisia

Artikel Selanjutnya
Atasi Kulit Berminyak dengan 6 Langkah Praktis
Artikel Selanjutnya
Ramuan Masker Alami Pemutih Wajah