Sukses

2 Model Bertubuh Curvy Tampil di Panggung Alexander McQueen

Liputan6.com, Jakarta Sejak dahulu, gambaran tentang tubuh ideal perempuan selalu mengalami perubahan. Kini bentuk tubuh perempuan yang dianggap ideal adalah yang langsing. Hal ini terlihat jelas dalam dunia mode. Lebih parahnya, para model bahkan berusaha untuk menjadi sangat kurus. Banyak model mengaku bahwa mereka kerap ditolak oleh agensi atau brand karena dianggap memiliki tubuh yang kurang ramping.

Model bertubuh curvy tampil di panggung runway Alexander McQueen. (Foto: Document Alexander McQueen)

Hal ini menjadi permasalahan yang ditanggapi oleh berbagai pihak yang berada di dalam maupun di luar industri fashion. Kasus bulimia dan anoreksia yang telah memakan korban jiwa di dunia modeling menjadi peringatan keras bagi para pelaku bidang mode. Beberapa negara seperti Prancis telah menetapkan aturan mengenai indeks masa tubuh model agar kasus serupa tak terjadi lagi.

Selain tentang kesehatan tubuh, perihal body image juga menjadi satu segi permasalahan signifikan di dunia modeling. Tubuh model yang terlalu kurus dinilai bisa berujung pada ketidakpercayaan diri bagi perempuan lain yang memiliki tubuh curvy atau ekstra. Dengan kata lain, gambaran model kurus di dunia fashion dapat membuat para perempuan yang tidak bertubuh ramping menjadi kurang mengapresiasi dirinya sendiri.

Paris Fashion Week

Di perhelatan Paris Fashion Week musim ini, Alexander McQueen tampak menjadi brand terkini yang bersuara mengenai hal tersebut. Melansir halaman Yahoo Style UK pada Jumat (6/10/2017), label asal Inggris tersebut menurunkan dua model bertubuh curvy untuk memperagakan koleksi musim semi 2018. Mereka adalah Eline Lykke dan Betsy Teske. Ini adalah hal yang tergolong tak lazim di Paris Fashion Week sebab event itu dikenal cenderung konservatif.

Siapa bilang seorang model harus bertubuh super ramping? Buktinya 2 Model bertubuh curvy tampil di panggung runway Alexander McQueen. (Foto: Document Alexander McQueen)

“Saya sangat berterima kasih dan bahagia! Terima kasih telah mengubah peran dari model Curvy,” tulis Eline Lykke dalam akun Instagramnya @elinelykke. Banyak yang berharap agar semakin banyak keragaman bentuk tubuh perempuan terlihat di panggung mode. Perjalanannya mungkin masih cukup jauh. Tahun lalu, hanya ada dua plus-size model di Paris Fashion Week, yakni yang berjalan untuk H&M Studio, sementara di Milan Fashion Week hanya Dolce & Gabbana yang menampilkan model dengan beragam ukuran tubuh.

Bio In God Bless