Sukses

Kesalahan Makeup yang Menyebabkan Mata Iritasi

Liputan6.com, Jakarta Banyak faktor yang menyebab mata gatal, kemerahan, hingga iritasi, salah satunya  adalah debu. Ternyata bukan hanya itu saja, terdapat beberapa kesalahan dalam makeup yang berujung iritasi pada mata. Berikut 5 kesalahan dalam makeup, yang menyebabkan mata iritasi, dilansir dari Independent.co.uk, Kamis (05/10/2017).

 1. Produk Kedaluwarsa

Sering kali para wanita tidak memerhatikan tanggal kedarluwarsa dari produk makeup yang digunakan, dan tidak jarang mereka masih menggunakannya secara rutin. Hal ini tentu akan membuat kulit tampak lebih kusam, khususnya pada produk makeup area mata. Menggunakan maskara atau eyeliner kedaluwarsa akan membuat mata iritasi, dan membahayakan mata. Untuk itu, sebelum menggunakan berbagai produk makeup sebaiknya perhatikan betul tanggal kedarluwarsanya. Bila tidak ada tanggal yang tertera dalam produk, sekiranya gunakan selama enam bulan dan ganti dengan produk yang baru.

 2. Jarang Mencuci Brush

Setelah merias, kerap kali para wanita jarang mencuci atau membersihkan kembali  brush yang mereka gunakan. Adapun yang menggunakan brush maupun beauty blender secara berulang kali, dan tidak dicuci sama sekali. Hal ini tentu tidak baik, dan dapat menimbulkan jerawat pada wajah Anda. Brush yang dibiarkan kotor mengandung banyak kuman dan bakteri yang menumpuk. Bayangkan saja, Anda kembali mengaplikasikan brush yang penuh kuman ke wajah Anda. Ubah kebiasaan malas mencuci kuas dan rutin membersihkan sekaligus mencuci semua alat makeup Anda.

 Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

 

 

1 dari 2 halaman

3. Menggunakan Bulu Mata Palsu

Makeup mata tampaknya kurang lengkap bila tidak menggunakan bulu mata palsu. Penggunaan bulu mata palsu dapat membuat mata telihat lebih besar dan menawan. Namun, masih banyak yang belum mengetahui bahwa penggunaan bulu mata palsu dapat membuat mata teriritasi. Hal ini disebabkan oleh lem pada bulu mata palsu yang masuk ke dalam mata Anda. Lem yang masuk ke dalam permukaan okular dapat menyebabkan luka, infeksi bakteri yang dapat menyebabkan bekas luka serta kerusakan visual permanen. Kemungkin memerlukan operasi (laser) untuk mengembalikan penglihatan Anda.

 4. Berbagi Alat Makeup dengan Orang Lain

Anda mungkin lupa membawa eyeshadow palatte atau alat makeup lainnya dan Anda meminjam ataupun meminjamkan produk makeup kepada orang lain. Hal ini memang tampak sepele, namun hal ini dapat berisiko menimbulkan iritasi pada mata. Sama halnya dengan sikat gigi, Anda pastinya tidak akan meminjamkan sikat gigi pada teman Anda. Perlakukan eyeliner dan maskara Anda dan jangan menggunakan produk secara bergantian. 

 5. Menggunakan Lensa Kontak Sehabis Makeup

Bagi para wanita yang menggunakan lensa kontak setiap harinya, pastikan menggunakan terlebih dahulu lensa kontak sebelum mengaplikasikan makeup. Hal ini mencegah lensa kontak Anda tidak terkena kotoran makeup, yang dapat mengiritasi mata. 

 

Fellisia

 

 

 

Artikel Selanjutnya
Ingin Mewarnai Rambut? Ini 7 Efek Sampingnya
Artikel Selanjutnya
Atasi Kulit Berminyak dengan 6 Langkah Praktis