Sukses

Manfaat Minyak Lavender untuk Kecantikan

Liputan6.com, Jakarta Lavender merupakan salah satu jenis tanaman yang sering digunakan, untuk tanaman hias karena warnanya yang indah. Bukan hanya itu saja, lavender sering disulap menjadi pewangi ruangan yang memberikan kesan rileks, saat Anda menghirup wangi lavender. Namun, minyak lavender sendiri dapat digunakan untuk perawatan kulit wajah hingga rambut. Berikut Manfaat minyak lavender untuk kecantikan, dilansir dari Naturallivingideas, Kamis (05/10/2017)

1. Mendetoks wajah

Melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan, tampaknya membuat kulit sering terkena debu dan racun yang tak terlihat oleh mata. Sering kali stres karena pekerjaan juga dapat mengontaminasi kulit, dan dapat menyebabkan tanda penuaan dini pada kulit wajah. Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan minyak lavender sebagai antioksidan yang kuat, untuk melawan polusi yang sering terpapar pada kulit Anda. Cukup tambahkan segenggam garam epsom dan 10 tetes minyak lavender di bak mandi Anda. Berendam selama 20 menit dan lakukan rutin setiap seminggu sekali.

 2. Mengobati Jerawat

Tanda mungkin ragu ingin mengoleskan minyak lavender pada wajah Anda, apalagi sedang berjerawat. Namun, minyak yang berasal dari tumbuhan seperti lavender, tidak akan menyumbat pori-pori. Sifat antibakteri dan antiseptik alami, dapat memberikan solusi yang tepat. Bahan kimia keras dan obat bebas yang terdapat di krim wajah Anda, mungkin saja menyebabkan iritasi. Minyak esensial seperti lavender memiliki kekuatan, untuk membunuh bakteri di kulit secara alami. Lavender juga dapat menyeimbangkan kadar hormon, yang dapat meningkatkan kesehatan kulit. Cukup campurkan satu sendok makan cairan toner witch hazel, dan beberapa tetes minyak lavender. Oleskan secara rutin, seperti mengoleskan toner wajah sehari-hari.

 Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

1 dari 2 halaman

3. Menyembuhkan Luka Bakar atau Bekas Luka

Minyak lavender memiliki sifat antimikroba yang kuat membantu mencegah infeksi, dan mengatasi gangguan bakteri dan jamur. Sehingga dapat Anda oleskan pada bekar luka maupun luka bakar, dan membantu mempercepat penyembuhan. Terdapat penelitian pada tahun 2013 yang dilakukan di Afrika, bahwa antimikroba pada lavender sama seperti pohon teh, kayu manis, dan cengkeh. Oleskan secara rutin minyak lavender pada daerah luka atau bekas luka, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 4.Merangsang Pertumbuhan Rambut

Masalah rambut yang paling sering dihadapi banyak orang adalah rambut rontok dan mudah patah. Untuk itu, Anda membutuhkan serum rambut yang cukup ampuh untuk mengatasi hal ini. Namun serum rambut yang dijual pada umumnya, cukup mahal dan belum tuntu cocok pada kulit kepala Anda. Untuk itu, Anda dapat menggunakan minyak lavender yang dipastikan aman dan tidak mengiritasi kulit kepala. Caranya sangat mudah, cukup campurkan 5-8 tetes minyak lavender ke 1 sdm minyak kelapa. Lalu aplikasikan pada kulit kepala Anda dan pijat beberapa menit, dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih menggunakan air hangat.

 

Fellisia

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Kulit Biji Alpukat Ternyata Ampuh Obati Sakit Jantung dan Kanker
Artikel Selanjutnya
Unik, Deodoran dengan Aroma Pumpkin Spice Latte