Sukses

10 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menyantap Makanan Jepang

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda penggemar makanan Jepang? Negara yang satu ini memiliki beragam menu yang lezat dan tata cara unik untuk menyantapnya. Dilansir dari Independent, Kamis (04/10/2017) tanpa disadari ternyata ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika menyantap makanan di restoran Jepang. Bahkan, koki di sana menganggap hal ini sebuah kecerobohan pelanggan saat menyantap makanan Jepang.

Menenggelamkan Nigiri ke Dalam Kecap

Banyak orang menghilangkan rasa amis dari ikan mentah segar dengan cara merendamnya ke dalam kecap. Padahal menurut aturan, kecap hanyalah bahan pelengkap, bukan untuk mengubah rasa asli dari makanan.

Menumpuk Jahe di Atas Sushi

Acar jahe yang dihidangkan di sebuah restoran Jepang berfungsi sebagai pembersih mulut yang dimakan secara terpisah dari sushi. Namun, seringkali orang-orang malah meletakkan jahe di atas sushi. Hal ini dapat merusak rasa asli dari sushi tersebut.

Ramen

Jangan pernah mencoba untuk melahap ramen dengan cara membuat mi terputus. Cara makan seperti ini di Jepang dianggap tidak menunjukkan rasa hormat terhadap koki yang memasak. Cara yang dianggap paling sopan adalah dengan menyeruput mi yang sudah dihidangkan di depan Anda. Dengan cara ini juga dapat membantu Anda untuk mendinginkan mi tanpa membakar mulut.

Menuang Matcha ke dalam Air Mendidih

Matcha atau teh hijau merupakan minuman tradisional dan paling populer di Jepang. Namun untuk menyajikan secangkir teh hijau ini, Anda tidak perlu menuang bubuk mactha ke dalam air mendidih. Selain dapat membakar daun, air mendidih juga akan membuat teh terasa pahit.

Ilustrasi Teh Hijau (iStockphoto)

Minum Sake Sambil Makan Nasi

Orang Jepang percaya bahwa makan nasi tidak harus diiringi dengan meminum sake. Karena keduanya sama-sama terbuat dari beras, sehingga akan menimbulkan rasa bosan.

Terlalu Banyak Menggunakan Kecap

Di Jepang, kecap hanya menjadi bahan pelengkap makanan. Oleh sebab itu, tidak seharusnya Anda menuangkan terlalu banyak kecap pada makanan karena hal ini dianggap akan merusak rasa makanan.

Cara Menggunakan Sumpit

Satu lagi kesalahan umum yang paling sering terjadi adalah menempatkan sumpit secara vertikal di dalam mangkuk nasi pada saat makan. Hal ini dianggap sebagai sebuah kecerobohan dan sangat tidak sesuai dengan kebiasaan mereka.

Melahap Sushi

Kamu bisa menikmati masakan dengan cita rasa otentik Jepang tanpa harus bersusah payah ke negara asalnya.

Andrew Kojima seorang koki terkenal di Jepang mengungkapkan bahwa idealnya sushi disajikan dalam suhu hangat, sehingga Anda bisa mendeteksi seperti apa rasa asli dari ikan yang digunakan. Nasi yang digunakan adalah nasi hangat dan lembut agar tidak keras saat dimakan.

Membongkar Tatanan Makanan

Di Jepang, sangat umum makanan ditata dengan berbagai macam hiasan dari sayuran, seperti lobak putih dan daun shiso. Selain mempercantik tampilan makanan, Anda sangat disarankan untuk memakan dan tidak merusak bentuk hiasan ini. Sebab sayuran tersebut sangat lezat dan dapat membantu membantu melancarkan pecernaan.

Sup Tanpa Sendok

Jika biasanya sup yang dihidangkan di negara-negara lain memiliki tekstur yang kental,  berbeda dengan sup Jepang. Teksturnya terasa cair dan tidak membutuhkan sendok untuk menyantapnya. Cukup dengan meneguk langsung dari mangkuk kecil yang sudah disajikan.

*(Latifah Gusri)

 

Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya
Artikel Selanjutnya
5 Hal Menakutkan yang Terjadi, Bila Anda Tidak Sarapan