Sukses

Beragam Menu Serba Telur Asin yang Sedang Naik Daun

Berikut 5 menu serba telur asin atau salted egg yang harus Anda coba di Jakarta.

Liputan6.com, Jakarta Telur asin atau yang sering kita dengan nama salted egg, sekarang lagi laris manis di Jakarta. Khas Singapura yang menggunakan telur asin di berbagai menu kini sudah berada di Indonesia. Berikut 5 menu dengan bumbu salted egg yang harus Anda coba di Jakarta.

Chicken Salted Egg

Menu yang satu ini sering kita dengar. Nasi dipadukan dengan potongan fillet ayam goreng tepung yang disiram  bumbu telur asin. Rasa telur asin ini pun disukai banyak orang. Selain ayam, menu ini biasanya disajikan dengan telur mata sapi. Anda dapat menambahkan kecap asin dan potongan cabe rawit sebagai pelengkap. Harga yang diberikan pun berbeda-beda untuk setiap restoran. Anda bisa mencari menu tersebut di Eatlah, Salt Inc, Sec by Rius dan Ada Dining.

Mi Instan dengan Saus Telur Asin

Mi Instan dengan Saus Telur Asin (Foto: Big Dish/ Source : IG @waroeng_rr)

Kreasi lain yang dapat menggunakan saus telur asin adalah mi instan. Saus telur asin digunakan sebagai bumbu tambahan dalam mi instan (kuah ataupun goreng). Anda dapat menambahkan telur, kornet, keju dan pilihan toping lainnya. Hampir sebagian besar kedai yang menjual menu ini juga menjual menu lainnya seperti roti panggang. Beberapa restoran yang menjual menu mi instan dengan saus telur asin adalah waroeng RR, Ropang Plus Plus, Rajia Ropang & Indomie.

Dimsum dengan telur asin

Berbeda dengan menu-menu sebelumnya untuk sajian dimsum saus telur asin cenderung manis, karena saus telur asin ditambahkan custard powder. Biasanya saus telur asin menjadi isi steamed bun. Tak hanya itu, salted egg custard glutinous rice ball juga bisa menjadi pilihan. Anda dapat mencobanya di Din Tai Fung, Dim Sum Inc, Asiatale Resto, dan Win Heng Hongkong Dimsum.

Croissant Salted Egg dan Molten Lava

Saus salted egg juga digunakan sebagai toping menu dessert. Seperti croissant salted egg, roti yang berasal dari Prancis ini diisi dengan saus telur asin. Tekstur saus telur asin yang meleleh dan croissant yang renyah akan membuat Anda ketagihan setelah mencobanya. Tak hanya croissant, molten lava cake pun bisa diisi dengan saus telur asin. Terkenal dengan isi cokelat, sekarang sudah terdapat isi telur asin. Anda dapat mencobanya di restoran Nomz Kitchen & Pastry, Social Afair, dan Mola.

Potato Chip and Crispy Chicken Salted Egg

Potato Chip and Crispy Chicken Salted Egg. (Foto: instagram @eisaltedegg)Sajian terakhir adalah potato chip dan crispy chicken. Salah satu brand di Singapur memperkenalkan snack ini kepada para pencinta salted egg. Kentang dan kulit ayam ini disajikan dalam bentuk keripik yang dibalut dengan bumbu telur asin. Kedua menu ini hadir dalam bentuk kemasan sanck. Saat ini di Jakarta sudah ada beragam brand lokal yang dapat Anda coba di instagram @eisaltedegg, @foundrysnacks, @ohmysalted. dan @eisaltedegg.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini