Sukses

7 Trik Pakai Batik agar Tampil Lebih Muda dan Stylish

Liputan6.com, Jakarta Batik adalah salah satu warisan budaya Indonesia yang sudah seharusnya dilestarikan. Stigma batik sebagai baju yang terkesan tua membuat beberapa anak muda ragu untuk memakainya.

Selain itu, batik juga masih kerap dianggap pakaian yang bisa dipakai saat kondangan. Namun, berkembangnya dunia fashion membuat batik semakin dilirik anak muda. Selain itu, desain yang modern membuatnya tak melulu bisa dipakai untuk acara formal saja. Berikut ini tips memakai batik agar tampil modis dan lebih muda:

1. Pilih Warna Terang

Cokelat seakan sudah menjadi ciri khas warna batik. Warna gelap tersebut membuat si pemakainya tampak lebih tua. Oleh sebab itu, Anda bisa memilih warna cerah untuk tampilah lebih segar. Kini, sudah banyak batik yang dijual dengan warna-warna cerah dan pastel untuk membuat anak muda makin pede mengenakannya.

2. Model Baju mengikuti Tren

Agar tampak lebih muda dan modis, maka Anda bisa memilih baju batik yang memiliki desain mengikuti tren. Anda bisa memilih atasan dengan model seperti off shoulder, ruffle, baby doll, peplum, dan masih banyak lagi. 

3. Pilih Motif untuk Setiap Acara

Batik memiliki banyak sekali motif yang unik. Bahkan tanpa disadari, setiap motif memiliki nuansa yang berbeda. Jika Anda ingin menghadiri acara formal, maka Anda bisa memilih motif yang penuh dan rumit. Dengan motif seperti itu akan memperlihatkan penampilan yang lebih dewasa.

Jika ingin menghadiri acara lebih kasual, maka Anda bisa memilih motif yang sederhana hingga berukuran besar. Hindari motif berukuran kecil yang rapat karena kurang cocok untuk baju sehari-hari.

Tips Pakai Batik Tanpa Terkesan Tua

4. Padukan dengan Item Polos

Agar penampilanmu tak tampak "penuh", maka Anda bisa memadu padankan dengan atasan atau bawahan polos. Item yang polos bisa memberikan kesan yang cantik, tapi tetap simple. Model berpakaian ini cocok untuk ke kantor atau hangout. Jika Anda mengenakan atasan dan bawahan batik atau salah satu item dengan corak, maka akan tampak berlebihan. 

5. Tambah Aksesori? Kenapa Enggak?

Menambahkan aksesori dalam penampilan Anda bisa memberikan tampilan yang semakin stylish. Walau motif batik memiliki nuansa yang ramai, tapi tetap cantik jika ditambah aksesori yang tepat. Jika Anda memakai dress, bisa tambahkan belt yang cantik dengan desain simple. Anda juga bisa memakai kalung simple saat mengenakan atasan dengan motif yang tak ramai atau padat.

6. Blazer

Jika Anda penyuka outer, maka bisa juga memakai luaran batik dengan inner polos. Model bergaya ini cukup sering dipilih karena memberikan tampilan yang elegan dan cocok untuk acara formal. Pastikan outer seperti blazer mampu memberikan tampilan yang tak berlebihan. Jika Anda memiliki badan curvy, maka pilih corak yang tak terlalu ramai.

7. Rok

Selain atasan, Anda juga bisa menggunakan rok bermotif batik yang cantik. Rok seperti ini sangat pas dipadukan dengan atasan polos. Kini banyak rok serupa yang cocok untuk ke kantor, undangan, acara resmi, dan masih banyak lagi. Anda bisa melengkapinya dengan flat shoes yang pasti makin terlihat cantik.

 

Artikel Selanjutnya
Riasan Makin Seru dengan Pop Smokey Eyes
Artikel Selanjutnya
Tips Padu Padan Long Blazer untuk Ke Kantor