Sukses

Panduan Cerdas Belanja Secara Tunai, Kartu Debit, atau Kredit

Liputan6.com, Jakarta Ini adalah pertanyaan yang seringkali terlontar ketika Anda ingin mengatur keuangan lebih baik lagi, bagaimana cara membedakan belanja dengan uang tunai, kartu debit, atau kartu kredit? Baru-baru ini, Business Insider memberikan tipsnya yang bisa membantu Anda.

Dilansir dari mydomaine.com, Rabu (3/10/2017), berikut ini adalah beberapa trik cerdas kapan Anda harus menggunakan uang tunai, kartu debit, dan kredit. Penasaran?

1. Menggunakan uang tunai

Penggunaan uang tunai seharusnya dilakukan ketika melakukan transaksi langsung. Waktu terbaiknya adalah ketika Anda memiliki hutang di kartu kredit, tidak membayar tagihan tepat waktu, dan tidak dapat menahan pengeluaran yang seharusnya dilakukan.

2. Menggunakan kartu debit

Membayar dengan kartu debit memungkinkan dana eletroknik ditarik langsung dari rekening Anda, anggaplah seperti uang digital. Penggunaan idealnya saat Anda memiliki hutang kartu kredit, ingin belanja secara online, menginginkan catatan pembelian, harus membayar tagihan tepat waktu, atau keterbatasan uang tunai yang dibawa.

3. Menggunakan kartu kredit

Bila Anda membayar dengan kartu kredit, pada dasarnya Anda menghabiskan uang pinjaman dan bank setuju karena Anda harus membayar kembali dalam jangka waktu tertentu. Jika pembayaran terlambat, Anda akan dikenai bunga, meningkatkan jumlah hutang yang harus dibayarkan.

Penggunaan kartu kredit sebaiknya dilakukan ketika Anda ingin mengasuransikan barang yang dibeli dengan harga tinggi, belanja online, menginginkan keamanan uang, menginginkan catatan pembelian, atau sedang meningkatkan limit kartu kredit Anda.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

Artikel Selanjutnya
Ini Alasan BI Larang Gesek Kartu Kredit di Mesin Kasir
Artikel Selanjutnya
BI Larang Penggesekan Ganda dalam Transaksi Nontunai