Sukses

Minum Kopi Bikin Kembung? Coba Tips untuk Penderita Maag Ini

Minum kopi bikin kembung? Coba tips untuk penderita maag Ini

Liputan6.com, Jakarta Minum kopi di pagi hari memang bisa membuat penikmatnya merasa bersemangat. Kandungan kafein pada kopi mampu memberikan energi dan mood yang maksimal. Namun, bagi penderita maag yang menyukai kopi, “ritual” minum kopi tidak selalu menyenangkan karena bisa membuat perut terasa begah dan kembung.

Tips Minum Kopi Bagi Penderita Maag

Nah, bagi Anda penderita maag tapi suka minum kopi, coba tips ini agar perut tidak kembung.

1. Pilih Kopi Arabica

Jika Anda pencinta kopi, Anda pasti tahu jika kopi arabica memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan dengan kopi robusta. Karena hal inilah, jenis kopi yang satu ini direkomendasikan untuk penikmat kopi yang menderita maag.

2. Seduh Manual

Manual brew, istilah itulah yang sering digunakan untuk menyeduh kopi. Manual brew menggunakan filter untuk menyaring kopi. Filter inilah yang akan memilih kopi-kopi dengan karakter terbaik yang akan keluar. Lebih dari itu, kopi juga akan terasa lebih ringan. Proses ekstraksi dengan metode ini membutuhkan waktu 2-3 menit. Metode ini lebih cocok dipilih daripada tubruk bagi para penderita maag.

3. Selalu Minum Kopi Segar

Biji kopi yang dijadikan bubuk akan lebih baik karena memberikan rasa dan aroma yang lebih nikmat. Kopi yang digiling dan langsung diseduh memberikan hasil kopi bubuk segar.

4. Tidak Memilih Kopi Dark Roast

Bukan hanya kafein, tapi juga karbon dioksida yang dihasilkan dari dark roasting yang memicu maag kambuh. Maka lebih baik memilih light roast atau medium karena kandungan karbon dioksidanya tak terlalu tinggi tapi kandungan kafeinnya masih lebih tinggi daripada dark roast.

5. Jangan Minum Kopi Saat Perut Kosong

Perut kosong lalu minum kopi bisa memicu maag kambuh. Hal ini karena kafein yang terkandung pada kopi. Kafein bisa memicu asam lambung naik. Sebelum minum kopi sebaiknya konsumsi roti atau makanan sejenisnya.

6. Batasi Jumlah Konsumsinya

Banyak penelitian menyebutkan bahwa kafein tidak akan memberikan dampak berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi dalam batas wajar. Jumlah yang harus dikonsumsi oleh penderita maag cukup 100-200 mg kafein per hari. Namun, tetap setiap orang memiliki batas toleransi masing-masing.

7. Jangan Minum Kopi Panas

Bagi penderita maag, sebaiknya minum kopi yang setengah dingin atau dingin. Kopi yang masih panas, memiliki serbuk kopi yang belum mengendap ke bawah, dan bisa tertelan. Agar lebih sehat, minum kopi yang sudah dingin dengan serbuk yang sudah mengendap.

Untuk mencoba kopi nikmat sambil kongkow bersama teman, Anda bisa coba ke kedai kopi INI.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.