Sukses

5 Manfaat Oatmeal untuk Wajah Anda

Selain untuk dikonsumsi, ternyata oat memiliki manfaat lain yaitu untuk perawatan wajah.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang sedang melakukan program diet, pastinya tidak asing dengan oatmeal. Bahan dasar dari oatmeal ini adalah gandum utuh, dan biasanya diseduh dengan susu maupun air hangat. Salah satu makanan yang mudah dan cepat disajikan, dan tentu saja manfaat dari oatmeal ini sangat baik bagi tubuh.

Namun selain untuk dikonsumsi, oatmeal dapat digunakan untuk perawatan wajah. Nutrisi pada oatmeal, dipercaya dapat mengatasi jerawat dan komedo pada kulit sensitif, kering dan berminyak. Berikut manfaat dari oatmeal untuk mendapatkan wajah cantik dan bersih, seperti yang dilansir dari Naturallivingideas.com, Selasa (3/10/2017).

1. Pembersih Wajah untuk Kulit Sensitif

Terdapat kandungan saponin di dalam oatmeal, sejenis senyawa kimia yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Kandungan ini memproduksi busa saat dilarutkan dalam air, saponin berfungsi seperti sabun dengan mengikat minyak dan molekul minyak sehingga bisa dibilas. Oatmeal lebih lembut dari pada sabun wajah, karena pembersihan yang dilakukan hanya bekerja di permukaan kulit.

Oatmeal tidak menembus ke dalam pori-pori dan melepaskan minyak wajah yang diproduksi wajah secara alami. Sehingga menggunakan oatmeal untuk kulit yang cenderung sensitif, sangat baik dan tidak membuat kulit mengering dan terkelupas. Tuangkan 1 sendok teh oatmeal pada mangkok yang berisikan air hangat, aduk lalu bilas pada wajah Anda. Tambahkan beberapa gerakan memutar atau memijat wajah Anda, layaknya seperti face scrub. Lalu, bilas dengan air hingga bersih. 

2. Melembapkan Kulit

Bila Anda memiliki wajah yang cukup kering dan kulit wajah yang mudah terkelupas, tidak ada salahnya mencoba oatmeal sebagai perawatan wajah Anda. Caranya dengan menyulap oatmeal menjadi krim pelembap sehari-hari. Bahan yang Anda butuhkan, 1/2 cangkir oatmeal, 1/4 cangkir yoghurt polos, dan 2 sendok makan madu organik mentah. Campurkan semua bahan dan simpan dalam wadah kecil khusus krim. Manfaat dari krim pelembap ini adalah membantu melindungi epidermis saat menyembuhkan kulit kering, atau kulit yang sedang meradang. 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Mengangkat Kulit Mati

Oatmeal merupakan salah satu exfoliant, yang paling ringan dan lembut. Partikelnya yang kecil, sangat baik untuk digunakan sebagai scrub untuk menghilangkan sel kulit mati. Anda dapat kombinasikan dengan gula merah, untuk mendapatkan tekstur yang sedikit kasar saat dijadikan sebagai scrub wajah. Cobalah dengan 2 sendok makan oatmeal, 1 sendok makan madu organik mentah, dan 1 sendok makan air hangat. Campurkan semua bahan, lalu scrub wajah Anda selama 5 menit dan bilas hingga bersih.

4. Meringankan Kulit gatal

Oatmeal telah lama digunakan sebagai obat rumahan untuk menghilangkan rasa gatal. Seperti bekas luka, sunburns, dan ruam. Efek anti gatal dari oatmeal adalah karena adanya avenanthramides. Sekelompok alkaloid fenolik, yang membantu mengurangi hipersensitivitas dan pembengkakan kulit. Caranya sangat mudah, tuangkan satu hingga dua cangkir oatmeal, pada bak mandi Anda dan berendam selama beberapa menit. Kulit Anda akan lebih lembut, dan tenang. 

5. Mencegah Timbul Jerawat

Oatmeal mempunyai zat anti bakteri, yang ampuh membunuh bakteri yang mendorong munculnya jerawat. Gunakanlah oatmeal sebagai masker wajah, agak bakteri sulit untuk masuk ke dalam pori-pori. Selain itu juga oatmeal memiliki antioksidan dan kolagen yang dapat mengurangi penuaan dini pada kulit wajah Anda. 

Fellisia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.