Sukses

Meriahkan Hari Batik, BNI Kenalkan Keindahan Batik Maos Cilacap

Liputan6.com, Jakarta Batik merupakan warisan leluhur yang tak ternilai harganya. Lewat batik, bangsa Indonesia juga mempu menyatakan identitas bangsa sekaligus mempresentasikan ekspresi budaya yang diwujudkan lewat motif-motif batik yang menceritakan ragam filosofi, sejarah, hingga keindahan Indonesia.

Untuk melestarikan batik, maka UNESCO telah menentukan tanggal 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional. sebagai wujud perayaan hari penting tersebut, maka tepat pada hari Minggu, 1 Oktober 2017 lalu, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mendukung Yayasan Batik Indonesia menyelenggarakan Karnaval Pesta Batik Indonesia 2017.

Para peserta karnaval ini menempuh jarak hampir empat kilometer yang dimulai dari Jalan Jenderal Sudirman hingga Thamrin. Pada event ini, BNI mengajak salah satu mitra binaan UMKM yang tergabung dalam Rumah Kreatif BUMN (RKB) BNI di Cilacap Jawa Tengah, Batik Maos Rajasa Mas.

Batik Maos yang dihadirkan pada karnaval ini cukup beragam, terdapat 10 motif inspiratif yang dikemas secara modern tanpa menghilangkan esensi batik tersebut. Motif-motif batik Maos memiliki sejarah tersendiri. Pasalnya batik tersebut digunakan untuk menyiratkan simbol atau sandi perang Pangeran Diponegoro yang ternyata terbukti mampu mengecoh perhatian Belanda.

Dengan warna klasik serta paduan warna berani dalam setiap desain batiknya, membuat batik Maos sukses digemari oleh para kolektor batik. Bahkan, sejumlah negara di Asia Tenggara, Korea, Jepang dan Eropa cukup menggemari batik khas Cilacap ini.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: