Sukses

5 Cara Mudah Mengatasi Gatal Pada Kulit Kepala

Liputan6.com, Jakarta Bagi para wanita, rambut merupakan mahkota pada dirinya dan salah satu hal yang menjadi faktor penampilan. Namun, rasa gatal kerap kali dialami oleh beberapa orang. Masalah rambut yang satu ini memang mengganggu aktivitas sehari-hari, khususnya bagi yang bekerja di luar ruangan yang langsung terpapar sinar matahari. Untuk mengatasi kulit kepala yang gatal, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk perawatan ke salon. Cukup ikuti lima cara mudah ini, untuk mengatasi gatal pada kulit kepala Anda, dilansir dari Naturallivingideas.com, Selasa (3/10/2017)

1. Minyak Tea Tree

Minyak yang berasal dari pohon melaleuca alternifolia, telah digunakan selama berabad-abad oleh penduduk asli Australia untuk mengobati berbagai penyakit kulit. Minyak tea tree memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang kuat, dan dapat mengobati kulit kepala yang gatal. Minyak ini dapat memerangi bakteri, virus, dan jamur pada kulit yang sedang meradang maupun gatal. Untuk itu, gunakan sampo yang memiliki kandungan tea tree. Bila ingin lebih mudah lagi, tuangkan 8 hingga 10 tetes tea tree ke sampo Anda, dan gunakan secara rutin.

2. Lidah Buaya

Selain untuk dikonsumsi, lidah buaya terkenal dengan banyak manfaat bagi rambut dan kulit. Sering kali lidah buaya digunakan untuk menenangkan dan mengobati kulit yang terkena luka, ruam dan luka bakar. Lidah buaya bekerja secara maksimal menyembuhkan masalah kulit, karena mengandung vitamin A,C,E dan B12.

Lidah buaya juga mengandung beberapa enzim anti-inflamasi, termasuk katalase, bradykinase, dan amilase. Kandungan ini mengandung hormon yang mempercepat pertumbuhan luka, dan cepat menyerap dalam kulit. Ketika kulit kepala sedang gatal, jus lidah buaya dan oleskan pada kulit kepala Anda. Lakukan seperti Anda sedang menggunakan masker rambut, lalu diamkan selama 15-20 menit lalu bilas menggunakan air hangat.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

 

1 dari 2 halaman

3. Cuka Apel

Produk sampo, kondisioner serta styling rambut sehari-hari dapat menginggalkan residu. Hal ini membuat pH kulit kepala lebih basa, dan membuat kulit kepala kering dan gatal. Asam asetat yang ditemukan dalam cuka apel tidak hanya bersifat antibakteri. Namun, juga memiliki efek klarifikasi pada kulit kepala yang dengan cepat, akan menyingkirkan produk yang merusak rambut. Kulit kepala yang sehat harus memiliki pH asam antara 4,5 dan 5,5. Namun, sebagian besar produk perawatan rambut di pasaran saat ini, memiliki nilai pH lebih dari 5,5. Kulit kepala sering kali lebih rentan terhadap infeksi jamur dan bakteri.

Cuka apel dapat membantu mengembalikan tingkat pH alami kulit kepala serta membuat rambut kembali sehat dan kuat. Caranya sangat mudah, saat Anda keramas tuang perlahan cuka apel yang telah dicampur dengan air hangat. Lalu pijat rambut selama beberapa menit, dan bilas hingga bersih. Ulangi rutinitas ini selama 2 hingga 3 kali per minggu untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

4. Madu

Terdapat kandungan antimikroba dalam madu murni yang telah digunakan sebagai obat kulit. Selama bertahun-tahun banyak orang menggunakan madu untuk mengobati infeksi kulit. Madu murni memiliki nilai pH antara 3,2 dan 4,5, yang asamnya cukup melawan berbagai jenis patogen. Madu juga mengandung enzim, mineral, serta antioksidan seperti vitamin C, riboflavin, dan asam pantotenat. Kandungan ini yang dapat membantu memperbaiki dan meregenerasi sel kulit. Riboflavin (vitamin B2) dan asam pantotenat (vitamin B5) juga dapat membantu menenangkan kulit yang meradang.

Gunakan madu sebagai masker rambut, campurkan 5 sdm madu kedalam air hangat. Oleskan pada rambut Anda, dan pijat secara perlahan. Tunggu selama 2-5 menit, dan bungkus kepala dengan handuk. Tunggu selama 1 jam, dan bilas hingga bersih.

5. Minyak Jojoba

Minyak yang berasal dari tumbuhan botanikal Simmondsia Chinensis, banyak tumbuh di area pada pasir Arizona dan Meksiko. Minyak jojoba, memiliki manfaat sebagai pelembap alami yang dapat mengurangi rasa gatal pada kulit kepala. Tekstur minyak jojoba hampir sama persis dengan minyak yang dihasilkan oleh tubuh atau sebum, sehingga menjaga kelembapan dan mempercepat peremajaan kulit kepala.

Oleskan minyak jojoba ke kulit kepala sambil dipijat lembut secata merata. Lakukan hal ini sebelum tidur, dan biarkan hingga sepanjang malam. Saat bangun tidur, cuci rambut dengan sampo dan bilas. Untuk hasil yang maksimal, lakukan seminggu sekali.

Fellisia

Artikel Selanjutnya
Atasi Kulit Berminyak dengan 6 Langkah Praktis
Artikel Selanjutnya
Manfaat Tomat untuk Kecantikan Kulit yang Belum Diketahui