Sukses

Menpar Arief Yahya "Curi" Award di Kandang Thailand

Liputan6.com, Bangkok Setelah Wonderful Indonesia Tourism Award 2017 pada puncak Rakornas III, Rabu (27/9/2017), sukses digelar di Bhirawa Assembly, Hotel Bidakara, Jakarta. Esoknya, Kamis (28/9/2017), Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya langsung terbang ke Bangkok, Thailand.

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendapat undangan khusus di Malam Penghargaan The 28th AnnualTTG Travel Awards 2017. "Kami sudah cek, media pemberi award ini adalah media spesialis pariwisata," ujar Arief.

Travel Trade Gazette (TTG) adalah tabloid khusus pariwisata yang selalu eksis di setiap travel mart di seluruh dunia. Sebagai media, TTG tergolong sudah berusia senior. Media ini didirikan pada 1953.

TTG Travel Awards adalah penghargaan bergengsi bagi industri travel se-Asia Pasifik sejak 1989. Acara tahunan itu bertujuan untuk menghormati organisasi dan individu dalam empat kategori.

Empat kategori tersebut adalah travel supplier, travel agency, outstanding achievement, dan travel hall of fame. Acara ini digelar oleh TTG Asia dengan dukungan dari TTG India, TTG China, TTG Mice, TTG Associations, TTG BT Mice China, dan TTG Asia Luxury.

Sejak pertama kali dimulai, acara tersebut terus tumbuh secara signifikan, dari industri dan jumlah penghargaan yang diberikan. Dari hanya 10 kategori pada 1989, sekarang lebih dari 80 awards yang dibagi dalam empat kategori.

Sistem pungutan suara atau voting dilakukan selama dua bulan, dari Mei sampai Juli 2017. Mereka meminta para profesional industri, termasuk pembaca TTG Asia, TTG Mice, TTG China, TTG India, TTG BT Mice China, TTG Associations, dan TTG Asia Luxury untuk memberikan suaranya.

Ada dua sistem pemungutan suara. Pertama, Travel Supplier Awards, suara yang diberikan oleh konsultan perjalanan, tur operator, dan perusahaan pengelola perjalanan.

Kedua Travel Agency Awards, suara yang diberikan oleh para pelaku bisnis perhotelan, staf penerbangan, penyewaan mobil, operator penyiaran, organisasi pariwisata nasional, perusahaan GDS, dan semua profesional perjalanan lainnya.

Kategori Outstanding Achivement Awards merupakan yang paling bergengsi. "Tahun lalu juaranya Thailand. Sejak 2010, Thailand juara 3 kali (2012, 2013, dan 2016). Lalu, Singapura 2 kali (2010 dan 2011). Tahun ini, Wonderful Indonesia yang bakal naik panggung," ucap Arief.

Kategori ke-empat adalah Travel Hall of Fame, untuk mereka yang sudah 10 kali juara. Ada 15 daftar travel hall of fame yang sudah tidak dipertandingkan lagi, karena konsisten juara.

Mereka adalah Singapore Airlines, Singapore Changi Airport, Hertz Asia Pacific, Royal Cliff Beach Resort, Star Cruises, Abacus International, Silk Air, Lotte Tour, Hongkong International Airport, Raffles Hotel, Regal Airport Hotel, Banyan Tree Spa, Qatar Airways, Thai Airways, serta Thailand Convention & Exhibition Bureau.

"Kita akan mendapatkan Destination of the Year, itu penghargaan paling bergengsi dari TTG untuk negara. Dengan award itu, semakin memperkuat 3C kita, Calibration, Confidence, dan Credibility," kata Arief.(*)

Saksikan Live Streaming Jakarta Fashion Week 2018

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Rekor Pertemuan Indonesia Vs Myanmar di SEA Games: Ketat!
Artikel Selanjutnya
Raih Perak, Tradisi Emas Eko Yuli Terhenti di SEA Games 2017