Sukses

Mudah Cemas Adalah Tanda dari Orang Cerdas, Apakah Benar?

Ingin tahu apa saja tanda dari orang cerdas? Ternyata, mudah cemas menjadi salah satunya, penasaran?

Liputan6.com, Jakarta Jangan sepelekan sikap mudah cemas terhadap hal-hal di sekitar, karena bisa menjadi salah tanda bahwa Anda adalah orang cerdas. Menurut jurnal Personality and Individual Differences, mudah cemas bisa menjadi pertanda dari orang cerdas.

Melansir dari huffingtonpost.com, Rabu (4/10/2017), sebuah tim penelitian yang dipimpin oleh Alexander Penney dari Universitas Lakehead, Ontario melakukan survei terhadap 126 orang dengan kuesioner yang dirancang untuk mengukur tingkat kecerdasan mereka dan seberapa besar tingkat perhatian terhadap kejadian di sekitar.

Hasilnya, Alexander dan timnya menemukan hubungan antara kecerdasan seseorang dengan rasa cemas yang diungkapkan. Selain itu, ada hal menarik lainnya, semakin banyak partisipan mengatakan bahwa mereka memutar ulang kejadian masa lalu di pikiran, semakin rendah nilai kecerdasan non-verbalnya.

Alexander kemudian memaparkan pemikirannya, kecenderungan bahwa individu yang lebih cerdas secara verbal dapat memilah antara kejadian masa lalu dengan masa depan secara rinci, membuat rasa cemas yang lebih intens. Sedangkan individu yang lebih cerdas non verbal mungkin lebih kuat dalam memproses sinyal non verbal atau segala interaksi di masa ini, sehingga menurunkan kebutuhannya terhadap proses sosial masa lalu.

Intinya, individu yang cerdas secara verbal ternyata tersiksa oleh ingatan mereka dengan detail. Sedangkan individu yang cerdas secara non verbal dapat menyerap lebih banyak informasi saat ini dan tidak membutuhkan kejadian di masa lalu mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini